Rabu, 29 Juli 2009

Menangislah bila harus Menangis

Coba ingat sudah berapa lama anda tidak menangis? Mungkin sudah sangat lama sekali anda pernah menangis. Bagaimana perasaan anda ketika merasa sedih atau terluka, pasti anda malu untuk menangis karena takut orang berfikir bahwa anda cengeng? Anggapan itu harus dibuang jauh-jauh, menangis tidak selalu berarti buruk, karena menangis itu sehat, dan mungkin Anda harus tahu lebih banyak tentang menangis sepertinya halnya mengetahui apa itu stop dreaming start action

Menangis merupakan kebutuhan, baik bagi laki-laki maupun perempuan, seperti halnya manusia membutuhkan air putih. Sebab, ia mempunyai manfaat kesehatan yang cukup banyak dan beragam. Ia BUKAN merupakan bukti atas kelemahan atau tidak adanya kematangan, akan tetapi merupakan bentuk terapi kesehatan yang sangat bermanfaat. Ia dapat digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan penyakit yang sangat keras sekalipun.

Berikut ini beberapa manfaat menangis bagi kesehatan manusia:

Pertama
Menangis merupakan cara alami untuk mengusir unsur-unsur yang merugikan dan berbahaya dari dalam tubuh, yang dikeluarkan melalui air mata pada saat seseorang sedang mengalami kesedihan atau kekhawatiran. Menahan air mata berarti peracunan secara perlahan. Mengingat air mata itu mengeluarkan bahan-bahan beracun dari tubuh, maka menahan air mata berarti peracunan (toksikasi) secara perlahan di dalam tubuh.

Kedua
Menangis akan menambah jumlah detak jantung dan dapat dikategorikan sebagai latihan yang berguna bagi diafragma serta otot-otot dada dan kedua pundak. Setelah menangis, kecepatan detak jantung akan kembali normal, sehingga ia akan mengendur dan akhirnya muncul perasaan nyaman.

Ketiga
Menangis mempunyai manfaat emosional, anda dapat merasa lebih santai dan lega setelah menangis, stres juga dapat dilepaskan ketika menangis, sehingga menangis memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan emosional.

Keempat
Menangis sangat berperan dalam membersihkan mata kita dan juga berperan penting di dalam meringankan tekanan jiwa yang tersimpan, yang jika terus disimpan justru akan semakin memperparah berbagai jenis penyakit, seperti radang lambung, tekanan darah tinggi, serta peradangan pada selaput usus besar.

Kelima
Para ahli kedokteran jiwa berpendapat bahwa menangis itu sangat berguna untuk mengatasi ketegangan syaraf yang dialami oleh manusia modern sekarang ini, apalagi ketika harus menghadapi berbagai persoalan kehidupan sehari-hari. Dengan menangis, maka air mata sebenarnya akan membersihkan mata itu sendiri serta membuang muatan-muatan beracun yang ditimbulkan oleh ketegangan dan emosi yang terus bertubi-tubi.

Keenam
Air mata yang dikeluarkan melalui menangis akan membantu elastisitas gerakan kelopak mata bagian atas dan bawah, menjaga mata sebagai sebuah media untuk membersihkannya secara terus-menerus, sehingga ia pun menjaga mata dari kekeringan. Di samping itu, membantu mengusir setiap unsur yang bisa mengganggu mata, seperti cabai, asap, atau bahkan benda-benda yang padat seperti debu.

Ketujuh
Air mata juga aka mentransparankan kornea dan menjaga agar tidak kering. Ini merupakan faktor-faktor yang membantu kejelasan pandangan dan juga menjaga kekuatan dan akurasi pengelihatan.

Kedelapan
Bagi para pengguna komputer, karena pancaran radiasi komputer dan akomodasi berlebihan karena monitor komputer, disarankan untuk melakukan RULES OF 20. Apa itu RULES of 20? Yaitu setiap 20 menit dihadapan komputer, pejamkan mata selama 20 detik atau lemparkan pandangan ke arah jauh (minimal 20 feet). Hal ini untuk memberi kesempatan pada otot mata agar istirahat dari akomodasinya, dan juga memberi kesempatan berkedip (menutup mata) agar lapisan air mata dapat terbentuk.

Jadi ketika anda merasa tertekan, kecewa, sedih, marah atau emosi negatif apapun, anda harus mengambil langkah-langkah efektif untuk melepaskan rasa tersebut. Jadi, jangan menunggu sampai kesedihan menjadi depresi, menangislah bila diperlukan untuk menjaga tingkat stres dan meningkatkan kesehatan. Menangis bukalah suatu aib, menangis merupakan anugerah dari Tuhan yang diberikan untuk manusia.

28 komentar:

diggyzoey mengatakan...

baru tahu, ternyata menangis itu sehat yah?

eh, pertamax yah :d

Blogger Banyumas mengatakan...

Katanya nih... Orang yang ga bisa menangis itu sebagian ciri-ciri tanda orang yang keras hati keras kepala... Katanya loh... PISS hehehehe...

Robby Andoyo mengatakan...

Menurut sebagian dokter, menangis dapat menjadikan jiwa kita kuat dan semakin siap menghadapai tantangan berikutnya... cool posting sob

catatan tukang mengatakan...

ada kalanya..menangis itu meringankan beban pikiran dan batin

mydewiku mengatakan...

jadi sebenarnya penting yah menangis...baru tahu nih...

devianty mengatakan...

katanya yang nangis identik dengan cengeng banget, tapi kalo emang ada khasiatnya sih bagus, biar tahu rasa tuh yang bilang cengeng...

dewi mengatakan...

oh banyak banget khasiat menangis sampe 8 point, luar biasa manfaatnya...

Angga Prawadika mengatakan...

eh, nanya dong ...

kan kalo cowok tu dibiasakan gak bole nangis kalo di indonesia terutama, apa itu berpengaruh ma sikap cowok indonesia secara keseluruhan? Trus biar bisa ndak sungkan menangis tu gimana ya enaknya?

terimakasih ... ^^

hijau-lumut mengatakan...

woooow.... ternyata menangis itu sehat yaaa? tapi asal jangan keseringan aja sih, :)

msafru mengatakan...

Wah...baru tahu nich kalau menangis itu banyak manfaatnya....

Anugrah Ramadhan mengatakan...

nunut jadi follower yaaa

Anna mengatakan...

Duh...makasi...bermanfaat banget..td jg baru menangis,gatau kenapa bete bgt hrini..now lebih enakan n ternyata menyehatkan..trims

Love's Diary mengatakan...

wah...kalo Ai kebanyakan nangis tuh. lagi cari cara biar ga gampang nangis hehehehe

lina-happy family mengatakan...

Syukurlah ternyata menangis itu bermanfaat bagi kesehatan...

Pear mengatakan...

wah baru tau nangis banyak manfaat. Bagus infonya^^

waluyo mengatakan...

waduh aku baru tahu sekarang kalau menangis itu banyak sekali manfaatnya....sayang aku paling susah untuk menangis...piye ki?

Omtomi mengatakan...

Kunjungan balik kawan..thank ya atas komentarnya.
ya mudah2an aja omtomi salah satu pemenangnya...do'ain ya.

richamoody mengatakan...

kuweeereeeennn aq sering nahan nagis klo depan banyak orang tuch depan tipi nuntun hihihihi malu soale...palagi pilem india jiahahhaha qnya tahan tp akhirnya wualaahhh kelar juga...

richamoody mengatakan...

q jadi ingat lagunya dewa yg bilang "menangislah...bila harus menangis karna kita semua manusia.."

Edwin mengatakan...

Bagi temen2 yg pernah ikut training ESQ, pasti pada tangis2an di sana. Justru yg ngga ikut nangis dianggap tdk berhasil mencapai sasaran ESQ. Yg semula pada malu nangis, kemudian justru 'berlomba2' nangis. Siapa yg matanya paling sembab, dia yg paling bangga... hehhe. Intinya menangis di event itu memang untuk membersihkan hati. Jadi, cocok dg tulisan ini.

adhi mengatakan...

nice info..jadi pengen nangis niieh...wekekeke...

Fauzan NR mengatakan...

waaaah, aku baru tahu nih, malu rasane ketinggalan

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Robby mengatakan...

Menangis itu terkadang di bilang cengeng tapi sangat baik jika kita tinjau dari segi kejiwaan....di tunggu Commenya sobb...

Blog Sederhana mengatakan...

owh...

jd tnyt nangis itu sangat bermanfaat y??
ayo nangis!!!
hehehe

nice...

Tamharmengatakan...

Kita harus menangis setiap hari minimal sekali. Buatlah agenda khusus untuk menangis.

Anonimmengatakan...

Mantabbbbbbbbbssss....
Abis nangis semaleman, mata sampe bengkak, iseng2 cari situs khasiat menangis, ternyata banyak keuntungannya ya....
Thanks for infonya
Bagus!

busana muslim mengatakan...

Emmm... Tambah Ilmu lagi kita . . . . Asyik !!

yoga arianto mengatakan...

wow keren...! Follow me Yoga15arianto

Posting Komentar