Minggu, 26 Juli 2009

Cara penyimpanan OBAT

Obat bermanfaat sebagai penyembuh. Namun siapa sangka, obat juga berpotensi mendatangkan malapetaka. Karena itu, dengan pengetahuan tentang obat dan penggunaannya secara tepat dan aman, anda akan terhindar dari bahaya yang mungkin ditimbulkan olehnya. Bahkan, anda juga akan lebih banyak memetik manfaatnya, seperti halnya anda memetik manfaat dengan melakukan sarapan pagi 

Seiring dengan kesadaran akan pentingnya kualitas kesehatan, pemakaian obat juga terjadi peningkatan. Orang cenderung mempunyai persediaan obat dirumah untuk keadaan-keadaan darurat tertentu atau bagi orang-orang yang memang harus mengkonsumsi obat dalam jangka waktu tertentu. Obat membutuhkan perlakuan khusus dalam penyimpanan tergantung dari karakteristiknya sehingga obat tetap bisa dipakai dan tidak kehilangan efeknya.

Berikut ini tips penyimpanan obat yang benar yang dapat dilakukan di rumah:

Jauhkan dari jangkauan anak-anak
Jika anda punya kebiasaan untuk menyimpan obat ditempat yang mudah terlihat agar mudah ingat untuk meminumnya, tinggalkan wadah obat yang kosong ditempat itu dan simpan obatnya pada tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak.

Simpan sesuai dengan petunjuk yang tertera
Kebanyakan obat dapat disimpan pada tempat sejuk dan kering yaitu pada suhu kamar yang jauh dari sumber panas. Jika obat tidak tahan terhadap cahaya maka dapat digunakan botol bewarna coklat atau botol plastik yang tidak tembus cahaya. Beberapa obat harus disimpan di lemari pendingin tapi jangan disimpan di freezer.

Simpan obat dalam kemasan aslinya
Penandaan pada kemasan asli serta brosur jangan dibuang, karena pada etiket obat tersebut tertera cara penggunaan dan informasi penggunaan obat yang penting. Ini penting agar Anda selalu mengetahui keterangan obat dengan lengkap.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan:
- Simpan obat dalam wadah tertutup rapat di tempat yang sejuk dan jangan terkena sinar matahari langsung karena obat akan rusak jika terkena sinar matahari langsung

- Jangan menyimpan tablet atau kapsul di tempat panas atau lembab karena dapat menyebabkan obat tersebut rusak

- Obat dalam bentuk cair jangan disimpan dalam lemari pendingin kecuali disebutkan pada etiket atau kemasan obat

- Jangan meletakkan obat dalam mobil dalam jangka waktu lama karena perubahan suhu dapat merusak obat

- Sebelum minum obat selalu lihat tanggal kadaluarsa pada kemasan obat dan jangan simpan obat yang telah kadaluarsa, apalagi sampai mencampur obat kadaluarsa dengan obat yang masih baik 

- Sebaiknya tidak mencampur berbagai jenis obat dalam satu wadah

Jadi, ingatlah bahwa menyimpan obat secara aman, bukanlah hal yang remeh ataupun sepele. Kenyataannya, tidaklah jarang terjadi seseorang mengalami keracunan obat akibat salah minum obat, atau meminum obat yang sudah rusak. Ironis kan kalau obat yang sedianya diresepkan dokter demi kesembuhan malah menyebabkan masalah kesehatan yang baru yang tak kalah seriusnya. Jangan sampai kecerobohan dan keteledoran membawa musibah dan bencana. So, berhati-hatilah menyimpan obat sebagaimana berhati dalam memilih obat, agar terhindar dari obat palsu.


28 komentar:

Lora Amir Husin mengatakan...

Terima kasih sobat atas sharing artikelnya.
Sangat bermanfaat.

nakjaDimande mengatakan...

makaciy infonya adi,
walaupun bundo orang puskesmas tapi suka lalai juga dalam aturan penyimpanan obat ini.

Blogger Borneo mengatakan...

Yang namanya obat biasanya memiliki batas waktu kadaluarsa yang tidak lama sehingga media penyimpanan yang akan digunakan akan berpengaruh pada kualitas obat tersebut. Lebih aman jika kita memiliki kotak P3K, trims...

Anggy mengatakan...

eang bener banget artikel ini, penyimpanan obat eang perlu diperhatikan. Agar tidak rusak dan kehilangan manfaat

Desy Noer mengatakan...

Makasih bgt infonya. Kebetulan aku jg di rmh pny kotak p3k.

DaliaLiyana mengatakan...

tq atas ingatan

resistanCe mengatakan...

keren nih infonya........nice info

Yep mengatakan...

Wah....thanks infonya ya ? sangat bermanfaat sekali nih :)
Salam dan Sukses...Boz.... link sudah aku pasang juga ya ? Thanks dah ngelink blog Ada Apa Yep ya ?

Free Tips 4U mengatakan...

betul apa yang mas tulis. Sangat berguna sekali untuk memperhatikan cara menyimpan obat yang baik. kom balik ya.

PhonanK mengatakan...

Persis dengan yang saya lukakan... walaupun masih suka naro obat sembarangan sih,hehehe

thanks bro infonya,,

Lukito mengatakan...

Tips yang bagus, terima kasih

goceng mengatakan...

wah ini baru yg namanya info...penting banget neh...

Asrizal Wahdan Wilsa mengatakan...

sangat perlu, karena jika obatnya sendiri ga aman, dalam artian gak bersih, campur aduk dengan yang lain, dan diluar batas ketentuan suhu penyimpanan obta, berbahaya juga buat penggunanya

Wedding Anniversary Gifts mengatakan...

makasih infonya, sangat berguna bagi kita semua..

jhon mengatakan...

thanks infonya...kebetulan sekali lagi kurang enak badan nih

msafru mengatakan...

makasih infonya bermanfaat banget nich...

gadis metroseksual mengatakan...

yup... setuju n tips yg bermanfaat

indoneter mengatakan...

kl caranya dah bener, kira2 bs bertahan brp lama tuh obat?

ijal mengatakan...

thx infonya!

adi mengatakan...

@ indoneter
Penyimpanan obat sampai batas kadaluarsa yang tertera pada kemasan obat tsb.

kang-dwi mengatakan...

info bermanfaat banget neh

Macam2 Tips mengatakan...

ternyata menyimpan obat harus hati2 ya,selama ini kurang perhatian.thanks info nya...

Blog Joker mengatakan...

kalo obat mematikan di simpan di mana ya?

maul mengatakan...

artikelnya sangat berguna sekali mas buat kita!

jhonson blog mengatakan...

mantab artikelnya...makasih info nya :D

Halimah mengatakan...

infonya sangat bermanfaat dan patut dicoba.

Mas mengatakan...

tips yang baik terutama untuk menghindari obat-obatan dari jangkauan kanak-kanak kecil.

busana muslim mengatakan...

Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)

Poskan Komentar