Jumat, 10 Juli 2009

Pentingnya Sarapan..

Mungkin tak banyak orang menyadari, bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Seringkali sarapan pagi menjadi hal yang sering terabaikan dan tidak dianggap penting. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah karena padatnya aktifitas sehingga tidak sempat menyiapkan sarapan pagi, atau juga karena belum adanya nafsu makan untuk menyantap sarapan pagi. Padahal sarapan pagi itu merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang aktivitas anda sehari-hari, sepenting menerapkan prinsip stop dreaming start action dalam kehidupan sehari-hari

Tak peduli seberapa sibuknya anda, mengisi bahan bakar untuk tubuh adalah hal yang penting, ibarat mobil yang juga perlu bahan bakar minyak untuk dapat berjalan. Sarapan akan akan menjadi bahan bakar dan memberi energi bagi tubuh sepanjang hari. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Beberapa manfaat sarapan pagi antara lain:

•Sarapan pagi kaya karbohidrat dan rendah lemak akan menjadikan otak lebih waspada dan berpikir cepat, sebaliknya orang yang tidak sarapan biasanya menjadi lemot dan telmi.

•Sarapan pagi membuat tubuh tidak cepat lelah dalam beraktivitas.

•Sarapan mampu memberi otak bahan bakar, sehingga meningkatkan kemampuan otak dalam pemecahan masalah dan ingatan serta konsentrasi.

•Bagi anak-anak sekolah dengan sarapan pagi akan membuat lebih konsentrasi belajar, serta memiliki kemampuan berpikir dan beraktivitas.

•Mampu mencegah penyakit maag, karena dengan sarapan lambung akan terisi makanan yang akan menetralisir asam lambung. Jika lambung kosong terlalu lama maka asam lambung akan mengiritasi lambung yang dapat mengakibatkan rasa perih di perut.

•Sarapan pagi membuat tubuh lebih langsing. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi. Tapi ingat porsi sarapan sebaiknya tidak terlalu banyak. Sarapan dengan porsi besar akan membuat sakit perut dan aktivitas fisik terganggu. Waktu ideal untuk sarapan adalah 8-10 jam setelah makan malam terakhir.

•Menghindari makan tak terkontrol. Sarapan akan menjaga dari rasa lapar berlebih, makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Ketika tidak sarapan, maka perilaku kita akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepanjang pagi hingga menjelang makan siang. Dan ngemil secara terus menerus inilah yang dapat menyebabkan kegemukan.

Jadi jika anda jarang atau bahkan tidak pernah sarapan sebelum beraktivitas, segera ubahlah kebiasaan tersebut, sayangilah tubuh anda.. Sarapanlah sebelum beraktivitas. Tubuh dan otak kita perlu energi untuk dibawa sepanjang hari. Kebiasaan ini akan membuat kita merasa lebih baik sepanjang hari dan bisa menjalani hari kita dengan penuh semangat.

24 komentar:

Andie Gokil mengatakan...

blogdanduutan sob!!! ada yang baru diblogku. koment yak!! hehehe :D:D:D

Bayu The Maniac mengatakan...

thanks infonya sob ..
gue baru tau nih ..
hehehe ..

rhe mengatakan...

waktu sma maren sie ane selalu sarapan, tapi semenjak kul jadi jarang sarapan,,,
thenkz buat infony ^_^

Nurhayati mengatakan...

Alhamdulillah...

picas.line mengatakan...

I do every day Friend..

Rifa Mulyawan mengatakan...

Kalaou misalnya sarapan hanya dengan cereal aja, bagaimana ya?
soalnya saya anak kost yang hidup serba hemat, hehe..

[R]ecruit | Field mengatakan...

She left me breathless when, I fall into Her eyes. Te stars are belong to Her.

tiramizu mengatakan...

nice post gan.,.,keep update wae lah :)

bayunature mengatakan...

nice post man,..aku malah sering ga sarapan,..paling ngopi kalau pagi yg ga ketinggalan,.

Ronaldo Rozalino, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi mengatakan...

Nice Postingy ya...saya paling suka sarapan...biar lebih sehat

fikirjernih mengatakan...

makasih infonya

resistanCe mengatakan...

anak kos kek gw makannya cuma 2 kali sehari...siang dan malam, sarapan jadi aneh sekarang.....padahal penting gitu ya....TT

Bachabe mengatakan...

betul juga sob biar pit sukses selalu and kalou bisa tukar link yach

irvan mengatakan...

kl sy biasanya makan kl dah siang, susah dah kebiasaan, untung ga telmi haha

neilhoja mengatakan...

nice posting sob.. makasih :)

PowerzofBusiness mengatakan...

thanks infonya sob

RifkyPanzer™ mengatakan...

waduh saya g biasa sarapan nih heheheh makan nya siang siang atau sore sekalian

Ginanjar mengatakan...

Wah penting juga ya sarapan ternyata, untungnya saya termasuk orang yang ingat dengan breakfast, oya pak... apakah bener kalau sarapan pisang itu bagus? trus kenapa? saya pernah baca artikel tentang hal tersebut, itupun berdasarkan uji klinis dari para peneliti di Jepang, tetapi belum begitu lengkap bacaannya, Terima Kasih.

Kevin Reiner mengatakan...

//sarapan itu penting untuk manusia//

come n share mengatakan...

good info,sebenarnya sarapan saya selama ini hanya teh manis 1 gelas..tapi kog bisa ya??

Anakciremai mengatakan...

visit bos

Antoni Wijaya mengatakan...

benar sekali, sarapan dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan melancarkan peredaran darah ke otak..
Antoni Wijaya

foto cewek bugil mengatakan...

sangat penting dong ah ..
Ga sarapan kerja jadi ga pokus .. Hehe
cewek bugil | foto abg bugil | artis bugil

Anonimmengatakan...

Foto Cewek Bugil
mantap gan terimaksih atas informasiinya ya

Poskan Komentar