Rabu, 08 Juli 2009

Atasi Kelelahan selama Pemilu Pilpres 2009

Pemilu pilpres 2009 telah ditutup tadi jam 13.00. Dan untuk sementara di sejumlah quick count yang telah dilansir lembaga survei sejak 13.00 WIB, hasil pemilu pilpres 2009 pasangan JK-Wiranto berada di nomor buncit. Sedang urutan pertama dipegang SBY-Boediono disusul Mega-Prabowo. Kita sebagai rakyat Indonesia tentu sangat penasaran siapakah yang akan memimpin Indonesia untuk 5 tahun ke depan.

Dibalik pesta demokrasi ini, bagi panitia pemilu 2009 atau yang lebih dikenal dengan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) ataupun bagi anda yang menjadi tim sukses salah satu pasangan capres cawapres, ada satu resiko yang bisa menimpa anda. Aktivitas sebagai panitia KPPS menuntut anda bekerja ekstra keras dari pagi hingga malam hari, mulai dari menyiapkan tempat pemungutan suara, menghitung surat suara sampai dengan melakukan rekapitulasi surat suara, begitu juga dengan anda sebagai tim sukses harus bekerja keras sampai harus begadang demi memenangkan pasangan yang anda dukung.

Aktivitas yang terbilang cukup menyita tenaga ini perlu stamina yang prima, karena jika anda tidak bisa menjaga stamina anda, maka bisa dipastikan akan menderita kelelahan dan akhirnya anda bisa menderita sakit. Kelelahan tidak hanya bisa menimpa orang yang mempunyai aktivitas berlebihan seperti panitia KPPS dan tim sukses, tapi bisa menimpa siapa saja, terutama bagi mereka yang staminanya tidak prima. Banyak orang yang juga mengeluh merasa kelelahan di saat bekerja atau belajar di sekolah.

Jika sering lelah seperti itu, bisa jadi Anda menderita kurang darah atau anemia. Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin. Kekurangan hemoglobin akan menurunkan kemampuan darah mengangkut oksigen. Hal ini akan membuat tubuh akan kekurangan bahan bakar sehingga menjadi cepat lelah. Namun, kalau Anda bukan penderita anemia maka kelelahan yang dirasakan sangat mungkin diakibatkan kombinasi gaya hidup yang tidak sehat, masalah di tempat kerja atau sekolah atau bahkan stress.

Untuk menghindari itu semua, ada sejumlah cara untuk meningkatkan stamina supaya Anda tidak mudah lelah di kantor atau sekolah, sebagai berikut:

• Anda perlu tenaga tambahan setiap hari. Caranya dengan menjaga pola makan. Sarapan pagi setiap hari akan memberikan energi lebih karena sisa energi dari hasil makan malam tidak akan mencukupi kebutuhan energi hingga siang hari.

• Minum banyak air putih. Fungsi tubuh bakal melemah bila kekurangan cairan. Hati-hati terhadap konsumsi kafein seperti teh, kopi, dan cola. Karena itu bisa meningkatkan energi tetapi pemakaian berlebihan akan mendatangkan masalah dan justru menurunkan kinerja fisik Anda.

• Jaga pola dan kualitas tidur. Tidur yang cukup, orang dewasa membutuhkan delapan jam tidur setiap malam. Batasi penggunaan kafein.

• Belajarlah relaks. Jangan memikirkan masalah pekerjaan atau pelajaran sebelum tidur, tetapi pikirkan hal yang menyenangkan Nada. Sebaiknya hindari pil tidur karena punya dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Berlatihlah relaksasi seperti meditasi dan yoga.

• Hindari gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, hindari asap rokok karena karbon monoksida dari kepulan asap rokok mengurangi jumlah oksigen yang ada di dalam darah.

• Tingkatkan aktivitas fisik. Olahraga dipercaya mengurangi tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran serta memudahkan Nada tidur nyenyak.

• Perhatikan lebih cermat lagi kondisi psikologis sebagai penyebab kelelahan. Masalah yang mungkin menjadi penyebab kecemasan dan depresi berlarut-larut sebaiknya konsultasikan dengan ahli jiwa.

Namun jika anda tetap menderita kelelahan yang terus menerus dan sulit dicari penyembuhannya, temuilah dokter. Di tangan dokter, berbagai macam kondisi medis yang menjadi penyebab kelelahan bisa dicari pemecahannya atau cobalah menghubungi ahli refleksi.

Sebagai penutup, siapapun yang pada akhirnya menjadi pemenang Pemilu Pilpres 2009, kita sebagai Rakyat Indonesia tentu mempunyai harapan terhadap presiden yang terpilih nanti bisa membawa Bangsa Indonesia lebih maju, lebih aman dan yang pasti bisa memberikan kesejahteraan kepada seluruh rakyat Indonesia. Amin. Semoga harapan kita semua bisa menjadi kenyataan..

9 komentar:

alfi mengatakan...

maksih infonya mas..

Aldrix mengatakan...

wah blognya bner2 healthy bgt nee.. pas sama themenya..lam kenal ya boss...

ireng_ajah mengatakan...

Info yang bagus..

Gak cuma buat pas PilPres aja.. Aktivitas ngeblg juga perlu jaga kondisi..

Lam kenal sobat..

Andie Gokil mengatakan...

info keren nih.
hehhe

salam kenal bro!
:D

adi mengatakan...

bener brow tips di atas bukan hanya buat peserta pilpres, tapi buat siapa aja termasuk kita2 para blogger Indonesia. Stamina harus fit, biar tetap ngeblog dgn lancar...

Hitsuke mengatakan...

wow,,Nice post...
 
Don't forget to visit this

Free Facebook Layout 
How to do promote your Blog On facebook 
Optimized your blog with Tab View

 
My Home Page
 

Naruto fans

I would you to leave a comment back on it.
 
Thank you...!!!

berita unik mengatakan...

tips yang menarik
saya juga kadang ngikutin tips kayak diatas

cerita naruto mengatakan...

nice tips
I'll try it when I'm being the next president election ^^

devianty mengatakan...

infonya bener-bener bagus, biar tetep semangat kita semua harus ikutan semua cara yang dianjurkan, ada 7 cara yah...sayangi diri kita..dan peduli kesehatan diri sendiri...sukses terus...kapan-kapan mampir lagi yah ke tempatku..

Posting Komentar