Minggu, 12 Juli 2009

Sariawan, berbahayakah??

Anda pasti pernah dong menderita sariawan walaupun cuma sekali dalam seumur hidup. Sariawan merupakan salah satu penyakit yang populer, karena hampir setiap orang mengalaminya. Ia menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Bagi beberapa orang sariawan dianggap enteng, namun kenyataannya sangat mengganggu kita dalam aktifitas apa lagi kalau kita makan wahh... Makanan mahal yang terasa enak sekalipun kalau kita sariawan tidak akan terasa nikmat di mulut.

Sariawan merupakan bahasa awam untuk berbagai macam lesi/benjolan yang timbul di rongga mulut. Gejalanya berupa rasa sakit atau rasa terbakar satu sampai dua hari yang kemudian bisa timbul luka (ulser) di rongga mulut. Rasa sakit dan rasa panas pada sariawan ini membuat kita susah makan dan minum, sehingga kadang pasien dengan sariawan datang ke dokter gigi dalam keadaan lemas.

Rasa sakit akibat sariawan yang berukuran kecil biasanya akan hilang antara 7 sampai 10 hari, dan lesi ini akan sembuh secara sempurna dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Namun, apabila ukuran sariawan cukup besar biasanya membutuhkan waktu mulai dari beberapa minggu sampai beberapa bulan untuk sembuh.

Sampai saat ini penyebab utama dari sariawan belum diketahui. Namun para ahli telah menduga banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya sariawan ini, diantaranya adalah :
1. Faktor psikologis, seperti emosi dan stress 
2. Kekurangan vitamin B, vitamin C, dan zat besi
3. Luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur
4. Luka karena menyikat gigi terlalu keras 
5. Alergi terhadap suatu makanan (seperti cabai atau nanas, atau dll)
6. Gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi)
7. Adanya infeksi oleh mikroorganisme

Perawatan Sariawan
Perawatan sariawan lebih terfokus kepada pengurangan gejala rasa sakitnya.
1. Berkumur dengan air hangat dan makan makanan yang lunak dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan.
2. Beberapa obat yang dioleskan pada sariawan juga bisa melindungi sariawan dari iritasi
3. Berkumur dengan obat kumur yang bersifat antimikroba juga dapat dilakukan untuk menghindarkan sariawan dari infeksi, sehingga proses penyembuhannya pun akan lebih cepat.
4. Untuk mempercepat masa penyembuhan sariawan Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin C yang berperan dalam perbaikan jaringan.
5. Untuk sariawan yang berukuran cukup besar, biasanya diobati dengan obat-obatan steroid, namun harus dengan persetujuan dokter. Obat-obatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah lesi agar tidak bertambah besar.

Cara pencegahan
1. Menghindari kondisi stress
2. Sering mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi
3. Gunakan sikat gigi berbulu halus untuk mencegah luka di mulut
4. Jaga kesehatan atau kebersihan gigi dan mulut
5. Hindari makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada rongga mulut
6. Hindari makanan terlalu panas dan pedas

Sariawan merupakan penyakit yang ringan, namun sariawan yang tidak sembuh dalam waktu 1 minggu sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter gigi. Karena ada beberapa penyakit lain yang lebih berbahaya yang bentuk lesinya mirip dengan sariawan, termasuk penyakit berbahaya seperti kanker mulut. Jadi jangan anggap enteng sariawan…

21 komentar:

Sahabat Pena mengatakan...

" SIIIP NIH INFONYA SALAM PERSAHABATAN DARI AGUS FAUZY WONG KEDIRI JAWA TIMUR INDONESIA RAYA "

Jangan lupa berkunjung ke blog saya ya...di www.agusfauzy.com blog ini berisi tentang pribadi saya dan juga untuk berbagi ilmu serta pengalaman saya didunia maya ini dengan -(( MOTTO ))-
" BERTEMAN, BELAJAR, BEKERJA DAN BERIBADAH "

Kunjungi pula blog bisnis saya www.wargabisnis.com blog ini saya gunakan untuk affiliate saya jadi anda mau ikut monggo...tidakpun tak ada paksaan , didalam blog ini anda akan menemukan seleksi bisnis internet yang saya ikuti, ya.. mudah-mudahan blog bisnis ini bisa membantu warga Indonesia yang mau terjun kebisnis online untuk memilah dan memilih bisnis internet yang banyak bermunculan didunia maya ini tanpa ada paksaan apapun jadi tak ada yang merasa tipu menipu. saya membuat blog ini sekedar sampingan bisnis saja dan mungkin teman-teman ada bisnis baru yang bertanggung jawab tidak merugikan sesama bisa hubungi saya... he he he ceritanya lagi demam bisnis ya.... ya buat koleksi aja.... sori sob banyak iklannya

" SALAM BLOGGER DAN SAHABAT PENA INDONESIA "

ramuni mengatakan...

wuih ngeri jg ya kalo kanker

~inspirasi Hidupku~ mengatakan...

wah baru tau kalo stress bisa memicu sariawan..
nice info.

Aneuk Nanggroe mengatakan...

katanya kalo kita kasi garam bisa sembuh?? iya gak tu??

lina-happy family mengatakan...

Kalau sariawan, saya biasanya pakai madu, dioles saja. Cepet sembuh, tapi periiih...

Joni-Joni-Joni mengatakan...

yop///satu lagi klo gag salah sariawan juga timbul kraena kelebihan mengkonsmsi fitamin..aneh y..tapi itulah....ada beberapa oarng yang tergolong sensitif dan tdak bisa mengkonsumsi vitamn secara berlebihan apa lagi vitamin C
salm hangat
n knal
-joni-

Ubaidina mengatakan...

Saya termasuk jarang terkena sariawan. Tapi,sktr bln februari saya terkena sariawan di bibir(dalam) bawah. Entah kenapa,setelah sariawan sembuh kok muncul ulcer/semacam bisul ditmpat yg sama.kadang membesar,kadang mengecil. tp enggak pernah betul2 hilang/bibir rata lg kayak dl. Dl saya tidak pernah spt ini. Perlu diketahui, sy sedang mengikuti bayi tabung, dan diberi suntikan bucerelin acetate, sama menogon. saya lihat di menogon, ada efek samping thd penderita kanker,gondok.Sy tidak menderita gondok,tp sy ada klg yg menderita kanker(almarhumah mama saya). Apakah ini ada kaitannya dg obat2 yg saya gunakan ya?

adi mengatakan...

@Ubaidina
Bu, saran sy selama ulcer di bibir itu tidak mengganggu aktivitas ibu sehari2 jgn terlalu dipikirkan, krn akan menguras pikiran ibu. Saran sy coba ibu perbnyk makan sayur & buah krn sayur n buah adalah berfungsi sbg antioksidan.
Utk keluarga yg pernah menderita kanker, setau sy kanker itu sifatnya tidak diturunkan, timbulnya kanker krn pola hidup kita tdk sehat, mngkin krn sering mkn jungk food, jeroan n ditambah jarang makan buah n sayur.. Jadi Ibu harus perbnyk mkn buah n sayur.
Mungkin itu jawabn dari sy, mohon maaf jika kurang memuaskan ibu. dan semoga program bayi tabung Ibu berhasil. Amin

Ani mengatakan...

Yang jelas, yang namanya sariawan tuh sangat tidak enak sekali dirasakan. Makan perih, minum apalagi...buat ngomong aja sakit kok kalau sariawannya lagi mateng2nya... yang bulan kemarin aku sampai harus ke dokter gara2 sariawan di pipi dan kerongkongan...

Ubaidina mengatakan...

terima kasih atas jawabannya. semoga yg memberi ilmu dapat keberkahan/pahala yang berganda.amiin ya rabb..

Devga Online mengatakan...

siipp.....ay jg pernah sariawan, tapi biasanya klo ada gejala mo sariawan biasanya sy suka akan jeruk banyak2...alhasil sariawannya gak jadi muncul deh...alhamdullah...

btw penulisnya adi siapa sih???mengngat bayak bgt nama adi jd bingung deh....hehhehe

manik arum mengatakan...

klo sy kna sariawan,plg cepat sembuh dikasi albothyl yang mengandung policresulen.tapi perihnya minta ampun

KOPI Sastra mengatakan...

Kami berharap semuanya menjaga kesehatan agar bisa terhindar dari berbagai penyakit.
salam sastra dan jaga kesehatan, Kawan.

Ferie mengatakan...

Wah keren nih, buat referensi kesehatan :)
thanks sob... tapi susah ngilangin setress ini

wandhe mengatakan...

ohh, baru tau tuh,hehehhehhe

anak nelayan mengatakan...

kebetulan saat ini saya lagi sariawan

Kenny mengatakan...

Mantap Infonya ... Kebetulan saya lagi sariawan Gara2 ke gigit Bibirku..

netmild mengatakan...

wah aku jarang sariawan kok bisa pada sariawan itu gara2 nya kenapa ya

INengahsuarna mengatakan...

saya paling sering sariawan. sekarang lagi sariawan ni. perih sekali. bingung apa pakae obatnya. segala obat sudah pernah saya coba, tapi gak ada yang mempan. sariawan..... sembuh.... sariawan.... terussss gitu....

the site keeper mengatakan...

Paling susah punya balita kena sariawan. Malam hari merasa haus tapi setiap kali diberi susu nangis kesakitan. Nangislah saya ngegendong semalaman.

Mauludy Arfan Islami mengatakan...

Kalo saya lagi sariawan sih biasanya kumur pake obat kumur atau minum seperti larutan penyegar gitu sama berusaha banyak makan supaya cepet sembuh (kata ibu saya sariawan biasanya dari asam lambung)

Posting Komentar