Kamis, 31 Desember 2009

Riwayat Penyakit Gus Dur dimulai 1985

Riwayat penyakit mendiang Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur dimulai dengan glaukoma pada 24 tahun silam. Kondisi ini memang membuat keterbatasan fisik bagi cucu sang pendiri Nahdlatul Ulama itu. Riwayat penyakit pria kelahiran Jombang, Jawa Timur, 4 Agustus 1940, itu dimulai sejak 1985. Ketika itu, Gus Dur mengalami gangguan di mata. Berbagai keluhan juga mulai dirasakan, seperti muntah-muntah, mual berkali-kali, dan pusing yang cukup hebat.

Sejak itulah, kemampuan penglihatan Gus Dur menurun drastis. Setelah memeriksakan mata ke dokter, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tiga periode (1984-1999) itu itu divonis terkena glaukoma. Sejumlah tindakan medis pun dilakukan untuk menyelamatkan penglihatannya, tapi mata kirinya tidak bisa diselamatkan karena urat syarafnya sudah telanjur rusak. Beruntung mata bagian kanan Gus Dur masih bisa diselamatkan. Hanya saja, sejak itu Gus Dur harus menjalani pemeriksaan rutin setiap enam bulan sekali.

Sekitar Februari 1997, kesehatan mantan Presiden Abdurrahman Wahid sempat agak mengkhawatirkan karena lengan kanannya terkena infeksi. Tangan kanan Gus Dur divonis terinfeksi. Tidak jelas terkena gigitan serangga atau luka tusukan lain meski akhirnya membaik.

Pada 2005, Gus Dur sudah harus melakukan cuci darah tiga kali seminggu karena fungsi ginjalnya tidak lagi bekerja sempurna. Kemudian, Maret 2006, ia masuk kembali ke RSCM dan rencananya akan melakukan operasi ginjal. Tapi, dari berbagai observasi dan hasil check up-nya, Gusdur tidak jadi melakukan operasi ginjal.

Pada 13 April 2009, Gus Dur kembali menjalani perawatan cuci darah di RSCM. Dan Juli 2009, Gus Dur mengalami penyakit alodonia, yaitu sakit dari saraf yang menyebabkan nyeri di seluruh badannya.

Selanjutnya, sejak 25 Desember 2009, mantan orang nomor satu di Indonesia itu kembali menjalani rawat inap di RSCM, Jakarta, setelah sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Jombang. Saat berada di Jombang untuk berziarah ke makam sejumlah tokoh lama NU, gula darah Gus Dur turun drastis

Pada 26 Desember dilam, Gus Dur mengeluh giginya sakit. Namun, Ahad silam, Gus Dur sempat berkunjung ke Kantor PBNU dan kembali lagi ke RSCM. Mantan presiden itu akhirnya wafat pada Rabu pukul 18.45, setelah didera komplikasi penyakit jantung, ginjal, dan gula darah. Selamat jalan Bapak Bangsa, semoga arwah dan semua kebaikanmu diterima oleh Allah. SWT. Amin..(Sumber: Liputan6.com)

18 komentar:

Anonimmengatakan...

Nurdianah Arifin SMAN 7 Jakarta.Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.Kita bangsa Indonesia telah kehilangan putra bangsa yg terbaik semoga arwah dan kebaikan beliau diterima Allah SWT,diampuni sgl dosanya dan dilapangkan di dlm kuburnya.Amin
Ya Rabbal Alamin

Rock mengatakan...

Selamat pagi sobat...

Rizky2009 mengatakan...

selamat jalan "bapak bangsa" jasa2mu pada negeri ini akan sll kami kenang

insanitis37 mengatakan...

Gus Dur...walau kekurangnmu kerap mereka gunakan untuk menyindirmu, sampai sekarang aku percaya bahwa kau adalah pimpinan dan bapak kami...
Nice post...salam kenal

anicha cute mengatakan...

wah ,, ggx habis memang bicara tentang mantan presiden kita itu ,, namun kalo bicara tentang penyakitnya tentu ada hubungannya sama obat ,, bisa dilihat yah http://obat-alami-berkhasiat.blogspot.com

jalahati mengatakan...

repot sedikit demi kesehatan... selamat jalan Gus! Anda layak jadi panutan.

engelliyim mengatakan...

Hi I found your site very useful. I found your site, google searches

busana muslim mengatakan...

Wah... tipsnya bagus banget

Obat Tradisional Kanker Otak mengatakan...

makasih infonya

Obat Tradisional Diabetes Melitus mengatakan...

semoga sukses selalu

Obat Tradisional Kanker Serviks mengatakan...

Salam kenal dan sukses selalu

Obat Tradisional Glaukoma mengatakan...

infonya sangat bermanfaat sekali

Obat Tradisional Penyakit Kanker Usus mengatakan...

thank's infonya

Obat Tradisional Penyakit Kanker Paru-Paru mengatakan...


Ikut gabung sisni ea

Obat Tradisional Penyakit Kanker Otak mengatakan...

sukses terus ea

Obat Tradisional Penyakit Liver mengatakan...

jangan lupa mampir balik ya gan

provhacker mengatakan...

Bagus sekali infonya

jual obat herbal hernia

Mohamad Febrian Saputra mengatakan...

Mampir kesini↓↓ juga ya ^_^

Sanitatisofficial.blogspot.co.id

Poskan Komentar