Sabtu, 22 Agustus 2009

Manfaat puasa bagi kesehatan

Hari ini adalah puasa pertama bagi umat Islam di Bulan Ramadhan. Selama sebulan penuh umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Puasa tidak hanya dilakukan oleh umat Islam, agama lain pun mengenal puasa, yang mungkin tata caranya berbeda dengan ibadah puasa yang dilakukan umat Islam. Setiap perintah yang berasal dari Allah SWT, pasti akan berguna bagi manusia seperti sholat lima waktu, selain bisa meningkatkan iman takwa ternyata di balik gerakan sholat mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Begitu juga dengan puasa Ramdhan yang dilakukan setahun sekali, pasti ada manfaat buat kesehatan manusia.

Puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam. Jika berpuasa dilakukan secara benar, ternyata berbagai jenis penyakit dapat dikendalikan. Tidak ada seorang pun ahli medis baik muslim maupun non muslim yang meragukan manfaat puasa bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa manfaat ibadah puasa bagi kesehatan manusia:

• Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan.

• Memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup.

• Meremajakan sel-sel tubuh. Ketika kita berpuasa, organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya.

• Puasa memberi kesempatan kepada alat-alat pencernaan untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun. Lambung dan usus beristirahat selama beberapa jam dari kegiatannya, sekaligus memberi kesempatan untuk menyembuhkan infeksi dan luka yang ada sehingga dapat menutup rapat. Proses penyerapan makanan juga berhenti sehingga asam amoniak, glukosa dan garam tidak masuk ke usus. Dengan demikian sel-sel usus tidak mampu lagi membuat komposisi glikogen, protein dan kolesterol. Disamping dari segi makanan, dari segi gerak (olah raga), dalam bulan puasa banyak sekali gerakan yang dilakukan terutama lewat pergi ibadah.

• Puasa meningkatkan fungsi organ reproduksi. Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Hormon yang berkaitan dengan masalah perilaku seksual tidak hanya dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), tetapi juga oleh kelenjar hipofisis.

• Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pada minggu pertama puasa belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh (minggu kedua), penambahan sel darah putih pesat sekali. Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh.

• Meningkatkan fungsi organ tubuh. Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.

• Puasa memperkecil sirkulasi darah sebagai perimbangan untuk mencegah keluarnya keringat dan uap melalui pori-pori kulit serta saluran kencing tanpa perlu menggantinya. Menurunnya curah jantung dalam mendistribusikan darah keseluruh pembuluh darah akan membuat sirkulasi darah menurun. Dan ini memberi kesempatan otot jantung untuk beristirahat, setelah bekerja keras satu tahun lamanya. Puasa akan memberi kesempatan pada jantung untuk memperbaiki vitalitas dan kekuatan sel-selnya.

• Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Misal ketika mengalami stres, hormon insulin dan adrenalin yang mengatur waktu lapar terganggu sehingga nafsu makan hilang atau bahkan datang lebih cepat. Kekurangan produksi hormon insulin berakibat munculnya penyakit diabetes, sedangkan bila berlebihan tubuh akan menderita hiperglikemia. Pada saat puasa orang akan bersabar dan berusaha menahan amarah dan senantiasa pasrah pada Tuhan. Hal itu akan membuat fungsi hormon berjalan normal sehingga irama hidup lebih harmonis.

Namun puasa juga harus diimbangi dengan cara makan yang benar. Makanlah secara teratur untuk buka puasa dan sahur dengan menu seimbang. Maksudnya adalah makanan yang terdiri dari karbohidrat 50-60%, protein 10-20%, lemak 20-25%, cukup vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Selain itu, cukup serat dari sayuran untuk memperlancar buang air besar. Cukup cairan, dengan minum kurang lebih 7-8 gelas sehari. Terdiri dari 3 gelas waktu sahur dan 5 gelas dari buka sampai sebelum tidur. Pembagian makan adalah 50% untuk berbuka, 10% setelah sholat tarawih, 40% pada waktu sahur.

Demikianlah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan manusia. Semoga ibadah puasa yang kita lakukan tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan diterima oleh Allah SWT. Amin. MARHABAN YA RAMADHAN. SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA..

27 komentar:

y mengatakan...

semoga pertama, hehe ;p

kereen infonya :D
jadi lebih semangat puasa..

met puasa semuanyaaa :)

SeNjA mengatakan...

banyak bgt manfaatnya ternyata,...
alhmdllh puasa hari pertama ini lancar ^_^

bagaimana dgn km sob ?

Miawruu mengatakan...

Wah.... info nya lengkap banget. Sayangnya mia belum bisa puasa, lagi didatangi bulan huhuhuhu moga2 cepat beresnya :(

mohd mengatakan...

start earning money now join for free!!!
http://website.ws/yusktg
http://freedom.ws/yusktg

Anonimmengatakan...

wah betul banget tuh sob. . .

Blog GABUS mengatakan...

ternyata puasa selain menguji iman, fisik tambah sehat!

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

Moga-moga puasa kali ini tambah mantap, ssip!

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

Mampir ya! saya tunggu!
sukses selalu

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Irawanqq mengatakan...

berkunjung lagi disini sob...

Bhakti mengatakan...

Met puasa ya semuanya......:)

safru mengatakan...

setuju sob....puasa emang banyak manfaatnya

Admin mengatakan...

menunggu waktu berbuka puasa :)

brekele mengatakan...

wow ... wow ... wow ... Keren ...

http://www.brekele-bisikanhati.blogspot.com

Kang Dedy mengatakan...

Yang pasti mengobati hati dari iri dan dengki he...

ammadis blog mengatakan...

Info berguna sekali nih... Thanks atas share nya....

ogiex slash mengatakan...

mantap infonya

sifa mengatakan...

nice info sob, semoga puasa kita mendapat berkah dan amal ibadah kita di terima ..amin..

Cari Uang mengatakan...

Semoga bisa puasa sebulan penuh tanpa ada halangan.. Amien.

busana muslim mengatakan...

Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)

tiyangatmojo mengatakan...

Infonya bagus sekali, trims

Obat Alami Sembuhkan Penyakit Eksim mengatakan...

wahh..
ternyata berpuasa itu sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh kita juga untuk menambah pahala kita..

obat herbal hernia mengatakan...

infonya sangat bermanfaat,trimakasih

jual obat herbal hernia

Unknown mengatakan...

Mampir kesini↓↓ juga ya ^_^

Sanitatisofficial.blogspot.co.id

kinghorsetoto mengatakan...

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

totojitusgp mengatakan...

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

artistoto mengatakan...

keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

buahtogel mengatakan...

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Posting Komentar