Selasa, 25 Agustus 2009

Manfaat Kurma, si buah khas Ramadhan

Siapa tak kenal kurma? Buah manis yang berasal dari tanah Arab ini merupakan buah musiman di Indonesia. Kenapa musiman? Karena hanya muncul pada saat menjelang bulan ramadhan saja. Selebihnya kurma entah bersembunyi dimana. Kurang lengkap rasanya jika pada bulan puasa tidak menyantap kurma saat berbuka puasa. Kalau biasanya buah-buahan mengandung energi dan kalori yang rendah, maka tidak halnya dengan kurma. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, kurma menjadi sumber energi yang tinggi pula. Bahkan tertinggi diantara semua buah-buahan lainnya. Karena itulah kurma sangat cocok untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.

Pada kurma yang masih lembek (matang di pohon dan belum dijemur) kandungan gulanya sekitar 60 persen. Sedangkan kurma yang telah dikeringkan kandungannya cukup tinggi, sekitar 70 persen. Kandungan gula dalam kurma memiliki daya serap yang buruk, sekitar 45-50 menit sehingga waktu untuk pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan ke dalam darah menjadi lumayan lama. Lalu apa manfaat kurma bagi kesehatan?? Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan:
• Kurma memiliki kandungan zat gula yang sangat besar dan ini sangat dibutuhkan tubuh

• Kurma mudah dicerna, sehingga tidak memberatkan alat pencernaan

• Menyiapkan lambung untuk menerima makanan, setelah seharian lambung beristirahat.

• Mencegah penyakit maag yang timbul karena pergantian jadwal makan.

• Alkalinitas yang dikandung kurma menetralisir asam kuat pada darah yang sering menyebabkan diabetes, rematik, ginjal, darah tinggi dan wasir.

• Untuk penderita demam berdarah, yang mengalami penurunan jumlah trombosit atau keping darah, juga bisa dibantu mengembalikan kondisinya dengan mengonsumsi buah ini.

• Kurma mengurangi rasa lapar dengan cepat, sehingga mengurangi dorongan untuk makan dalam porsi yang banyak. Ini hikmah dari berbuka puasa makan kurma dan minum air putih sebagaimana sunah Rasulullah. Sampai tarawih tidak terasa lapar. Tidak percaya? coba buktikan!

• Berdasarkan suatu penelitian, di dalam kurma terdapat sejenis hormon yang bernama oksitasin. Ada beberapa manfaat dari oksitasin ini, yakni membantu memperlancar persalinan, meningkatkan produksi air susu ibu, dan meningkatkan kemampuan seksual baik untuk perempuan maupun laki-laki.

• Buah ajaib ini juga mengandung zat sililiat, zat yang biasa ada dalam aspirin. Hal inilah yang membuat orang yang mengonsumsi kurma terbantu dalam meningkatkan kerja otak. Selain itu juga bisa membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

• Dalam 100 gr kurma kering terdapat 666 mg kalium, sehingga berkhasiat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Kalium merupakan mineral yang penting untuk melancarkan pembuluh darah, membuat denyut jantung menjadi teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta menstabilkan tekanan darah.

• Kurma kaya akan kandungan kalium. Zat ini mampu menekan natrium (garam) berlebih yang biasa dialami penderita hipertensi. Penderita hipertensi harus banyak mengonsumsi kalium, karena di dalam tubuhnya banyak terdapat natrium. Untuk mencukupi kalium dalam sehari, kita cukup mengonsumsi kurma sebanyak 5 buah saja. Dengan makan sebanyak itu, selain kebutuhan kalium terpenuhi juga dapat mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot.

Memakan kurma saat berbuka adalah sesuatu yang nikmat. Rasa manis kurma mampu menggantikan tenaga yang hilang saat matahari bepijar. Tetapi yang akan dimakan itu jumlahnya jangana terlalu banyak karena akan membuat kita cepat kenyang. Inilah resep sederhana dan menyehatkan, berbuka puasa tidak perlu makanan berlimpah yang pada akhirnya mubazir karena tidak termakan, cukup kurma dan air putih, selain kenyang, menyehatkan juga beribadah dengan mempraktekkan salah satu sunah Rasulullah. (Disadur dari berbagai sumber)

25 komentar:

yorgita mengatakan...

bisa mencegah maag?
asiiik :D
eh tapi gulanya bikin gendut nggak? xp

btw, makasih infonya ;)

Joni-Joni-Joni mengatakan...

hmm g sangka sekecil itu khasiatnya luar biasa......
salam hangat joni

Nadja Tirta mengatakan...

ternyata ini alasannya istriku ngidam kurma
:)

adi mengatakan...

@ Yorgita
kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) atau fruktosa (jenis gula dalam sebagian besar buah-buahan), zat ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh sehingga menghasilkan tenaga yang tinggi tanpa mempersulit tubuh untuk mengolah, mencerna dan menjadikannya sebagai gizi yang baik.

Firyan mengatakan...

selalu ada hikmah dari sunnah nabi Shalallahu 'Alaihi Wa Salam...

siagiant mengatakan...

ooowwoowww... ternyata kurma banyak manfaatnya juga ya, sampai bisa menaikkan trombosit untuk penderita demam berdarah (setahu kita cuma jambu biji aja yang bisa naikin trombosit). tapi yang aneh, buah kurma mengandung Alkalinitas dapat menetralisir asam kuat pada darah yang sering menyebabkan DIABETES, tapi buah kurma juga banyak mengandung gula yang notabene dapat menyebabkan DIABETES... (agak sedikit bingung nich... ). BTW nice post sobat buat nambah wawasan.. Hehehe. Thanks.....

narti mengatakan...

artikel bagus nih, ternyata banyak manfaat dari buah imut nan manis yang satu ini. TFS friend.

adi mengatakan...

@ siagiant
intinya supaya kurma bermanfaat yakni makan kurma secukupnya saja misal 3-5 buah saat berbuka jgn berlebihan.

lina@happy family mengatakan...

Saya juga suka kurma; alhamdulillah ternyata banyak juga manfaatnya...

al-basri mengatakan...

salam,terima kasih infonya
ya sememang kurma terkenal dengan manfaatnya,
meski kandungan gulanya agak tinggi, konsumsi harus harus sederhana ya..

salam cinta damai

djami ed mengatakan...

Kecil-kecil maksimal
HeeeHeee..
Selamat berpuasa
Selamat Berbuka!!

@n9in mengatakan...

owww.postingan yg hebat!sehebat manfaat kurma.kadang disini kami "mengeluh",kenapa akhir2 ini buanyak sekali orang yg kasih kurma,sampe berkresek2.ramadhan memang rizki buat kami salah satunya adalah kurma.kenapa nggak ada yg kasih mobil bagus atau duit yg buanyak ya.heehhehe

ekosulistio mengatakan...

kecil buahnya... tp manfaatnya bbnyak bgt,.....

reiyo mengatakan...

nice info,, stelah sahur makan kurma 3butir puasa jd g terasa lho beneran,,

jhonson blog mengatakan...

mantab info nya,sebelumnya saya kurang tau khasiat buah yg satu ini...:)

Adi mengatakan...

@Reiyo
Benar sob, sy jg buktikan setelah makan sahur, sy makan kurma 2-3 butir. Alhmadulillah puasa tidak terasa lapar, paling haus doang krn skrg ini panas bgt. Jd kurma memang buah ajaib yg bermanfaat, tp sayang di Indonesia cuma ada pas bulan puasa doang...

Anak SD mengatakan...

Wah, jadi itu alasan kenapa kuma menjadi makanan khas di bulan puasa.
Salam kenal, Frelia si Anak SD yang mukanya jelek kayak kepiting rebus......
Please visit me back^^

RAMUNI mengatakan...

waaah sayang bngt distribusi kurma gak nyampe desaku -nyidam mode-

ayu siska mengatakan...

kuram buah yang mujarab...

Fidy mengatakan...

apa kandungan kurma yang bisa ningkatin kadar trombositnya?

busana muslim mengatakan...

Terima kasih atas infonya

Obat Alami Sembuhkan Penyakit Eksim mengatakan...

kurma yang enak, aku suka buah kurma..

Anonimmengatakan...

makasih banget informasinya sangat bermanfaat
foto cewek bugil | artis bugil | gadis bugil | abg bugil | cewek bugil

obat herbal hernia mengatakan...

infonya sangat bermanfaat,trimakasih

jual obat herbal hernia

Mohamad Febrian Saputra mengatakan...

Mampir kesini↓↓ juga ya ^_^

Sanitatisofficial.blogspot.co.id

Poskan Komentar