Minggu, 28 Juni 2009

Waspadai angin duduk!!

Gejala angin duduk memang seperti masuk angin biasa, tapi ternyata angin duduk beresiko sangat tinggi. Bacalah tips di bawah ini agar anda bisa selamat dari resiko angin duduk yang mematikan...Please Read This true Story….

Hari itu, Dina (32) meminta izin pulang lebih cepat dari kantornya. Sejak Pagi, Dina merasa pusing dan mual. "Aku masuk angin nih," keluhnya pada Fahmi (35), suaminya melalui telepon. Setiba di rumah, Dina memesan bubur ayam serta teh panas untuk mengurangi rasa tak enak badan yang dideritanya. Setelah kerokan, ia mengoleskan minyak kayu putih ke seluruh badannya, sebelum beranjak tidur.

Lepas senja, Dina belum bangun juga, Fahmi yang baru saja pulang kantor. Menengok ke kamar, ditempat tidur Dina memang masih tertelungkup, tapi.... sudah tak bernapas lagi! Wajahnya kebiruan, tampaknya, Dina menahan rasa sakit sesaat sebelum menghembuskan napas terakhirnya. Selain panik, suaminya juga bingung, Sejauh diketahuinya, selama ini kondisi kesehatan Dina baik-baik saja. Bahkan istrinya itu tergolong wanita gesit yang memiliki segudang aktivitas setiap harinya, Lantas, Penyakit "tersembunyi" apakah yang merenggut nyawa Dina?

Menurut dr. H. Djoko Maryono, DSPD, DSPJ, ahli internis dan kardiologi dari RS Pusat Pertamina, yang dialami Dina adalah Angina Pectoris. Orang-orang kita dulu biasa menyebutnya sebagai penyakit angin duduk. Gejalanya memang mirip masuk angin biasa, hanya sedikit lebih berat. Tak mengherankan. Penyakit ini cenderung disepelekan.

Masuk angin yang satu ini ternyata bukanlah masuk angin biasa. "Yang biasa disebut angin duduk sesungguhnya adalah salah satu gejala penyakit jantung koroner, yang jika tidak segera ditangani penderitanya bisa langsung meninggal hanya dalam waktu 15-30 menit setelah serangan pertama" dr. Joko mengingatkan.

Karena itu, kematian yang terjadi sama sekali bukan akibat kerokan atau pengolesan minyak angin, seperti yang dilakukan Dina, melainkan karena tidak terdeteksinya kelainan pada jantung penderita. Padahal, seandainya sepulang kantor Dina langsung pergi ke Rumah Sakit atau ke dokter, dan bukannya malah kerokan dirumah yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan sang penyakit, mungkin nyawanya masih sempat terselamatkan.

Ciri-ciri pusing, mual dan kembung yang dialami penderita Angina pectoris memang nyaris serupa dengan penyakit masuk angin biasa. Hanya penderita juga merasakan dada sesak, nyeri dibagian ulu hati, keluar keringat sebesar jagung, serta badan terasa dingin. Sayangnya, hal ini sering tidak disadari sebagai indikasi adanya gangguan pada jantung yang sifatnya kritis. Menurut dr, Joko, 20% dari keluhan angina pectoris yang diperiksakan ke dokter atau rumah sakit ternyata terdeteksi sebagai penyakit jantung koroner akut. Penyakit ini merupakan gangguan pada jantung akibat adanya kelainan pada pembuluh koroner, sehingga darah tidak mampu mengantarkan zat-zat yang dibutuhkan oleh jaringan dinding rongga jantung. Karena itu, jika tidak terdeteksi sejak awal, penderitanya bisa mengalami sudden death.

Penyakit angina pectoris itu sendiri berupa perasaan tidak nyaman berkepanjangan, yang terjadi lebih dari 5 menit, akibat menurunnya tekanan darah yang memompa jantung. Akibatnya, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen. Karena jantung tidak mampu memompa dengan sempurna, maka pembuluh darah mengadakan reaksi pemulihan berupa kontraksi guna mencukupi pengisian oksigen pada pompa jantung tadi, kontraksi itulah yang menimbulkan keringat dingin pada kulit.

PERBAIKI GAYA HIDUP
Sumber masalah sesungguhnya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi) . Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :
- Pertama, adanya timbunan-lemak dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi
- Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus)
- Ketiga, Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus
- Keempat, infeksi pada pembuluh darah

"Gaya hidup masa kini yang kurang sehat dan tidak teratur adalah pemicunya" tegas dr, Joko. Menurutnya, Zaman sekarang orang cenderung melupakan pentingnya olahraga hidup dalam kondisi stress, sering tidur larut malam, dan sering mencoba bermacam pola diet yang tidak sehat.

Kurang atau tak pernah olahraga akan menghambat kelancaran metabolisme tubuh. Akibatnya, akan terjadi pengendapan lemak yang perlahan-lahan dapat menyumbat lajunya aliran darah ke jantung. Sementara itu, orang sekarang banyak yang mengaku tak punya cukup waktu oalahraga, menjaga diri dari kemungkinan obesitas (kelebihan berat badan) juga berperan penting untuk kesehatan jantung, karena kelebihan lemak dapat meminimalkan gerak pompa jantung,

Jadi jaga ukuran pinggang anda, karena perutlah semua jenis lemak menumpuk. Untuk wanita, maksimal 80 cm, dan untuk pria, maksimal 90 Cm, karena jaga pola makan, hindari Junk Food, perbanyak asupan buah dan sayuran serta fiber.

Menjauhkan diri dari stress, juga bisa mencegah kita dari penyakit jantung koroner, Pasalnya, dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otak dipaksa untuk bekerja secara berlebihan, Hasilnya, kondisi tubuh selalu dalam keadaan letih dan porsi istirahat berkurang. "Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan pengentalan darah, yang dapat meningkatkan hormon adrenalin, akibatnya bisa ditebak serangan jantung lebih gampang terjadi"

Orang yang emosi-an juga perlu diperhatikan (Selalu marah-marah. .. setiap saat...ada ga ya orang kayak gini..), Pasalnya, dalam marah-marah (Otak panas, napas memburu, jantungpun berdebar keras, kadang sampai tubuh bergetar, darah bergerak cepat), jika kondisi darah bergerak cepat, sedangkan ada penyumbatan di pembuluh darah...wouw. ..bisa dibayangkan darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) dan karena tidak kuat menampung banyaknya darah yang datang pembuluh yang halus itupun pecah dan sudah bisa ditebak orang itupun akan koleps atau bisa merengang nyawa,

o ya..kondisi ini juga berlaku ketika dia berolahraga ekstra keras (seperti main bola, yang dituntut berlari2 bolak-balik terus menerus), itu juga memicu jantung berdebar dan darah bergerak cepat, dan jika dia mempunyai sumbatan2 dalam tubuhnya yang tidak diketahui, maka kejadian pembuluh darah pecahpun akan menimpanya (seprti Almarhum Benyamin S dan Basuki, mereka meninggal selagi bermain bola).

Wuiiih..ngeri ya...ya kalo udah seumur kita sih, harusnya udah ga cocok lagi untuk olahraga2 keras macam gitu, karena kita ga tau didalam tubuh kita (adakah penyumbatan atau tidak?) yang ringan2 aja lah seperti jalan kaki, jogging, senam, bersepeda santai, atau olahraga pernapasan, dll yang terakhir kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol juga berdampak negatif pada jantung, apalagi bila kebiasaan jelek ini dilakukan sejak usia remaja.

Ada beribu jalan untuk hidup sehat, Tuhan memberikan kita sesuatu yang luar biasa banyaknya, setiap ada penyakit pasti Tuhan memberikan obatnya, tapi bukan itu masalahnya, pola hidup sehat dan seimbang harus kita jalani, "Mencegah lebih baik daripada mengobati."

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, mudah-mudahan berguna:
1. Minum Air putih minimal 8 gelas sehari
2. Banyak makan buah-buahan dan sayuran (serat alami)
3. Hindari stress, dan selalu sabar
4. Perbanyak berpuasa
5. Tidur yang cukup dan olahraga ringan diusahakan rutin

Gampangkan, Oh ya satu lagi, Tuhan menciptakan dunia ini berpasangan ada Surga ada neraka, ada pria ada wanita, ada putih ada hitam, ada baik ada jahat, ada manis ada pahit, kesimpulannya jika kita banyak makan-makanan yang manis seperti coklat, teh manis, kopi susu, mimunam kaleng, dll. Usahakan...sekali lagi..usahakan seminggu sekali atau beberapa hari sekali makan yang pahit2 seperti Rebusan air sambiloto, makan pare, minum jahe atau jus mengkudu, makan bawang putih, dll

Dan jika kita merasa sering makan-makanan yang berlemak atau berlebih seperti daging, jeroan, sering ngemil, makan 2 piring atau selalu nambah usahakan...sekali lagi..usahakan berpuasalah sesering mungkin untuk mengimbanginya, atau minum madu atau minum/makan jinten item (habatussauda). Atau kalau mau dibantu lebih mudah, bisa minum vitamin atau suplement bila diperlukan...

25 komentar:

phiena-venus mengatakan...

Infonya bermanfaat sekali.
Ma kasih.
Mo berusaha slalu hidup sehat ah. Tp sbg ibu rt yg slalu sibuk dng urusan rumah, termasuk olahraga juga ga tuh..?

diggyzoey mengatakan...

Thanks atas infonya.

bagus banget infonya.

music collection mengatakan...

kunjungan meninggalkan jejak sob...

Risefa mengatakan...

wah ternyata berbahaya yah gejala masuk angin seperti itu. aku ngga nyangka lho kalo masuk angin bisa di kategorikan gejala gangguan jantung koroner. nice post bro.

KIT PES mengatakan...

wah ternyata angin duduk mematikan juga

ritz mengatakan...

hanya ingin mengajak pada sahabat semua"yuk mari kita ganti gaya hidup menjadi gaya hidup yang sehat,karena hidup hanya sekali sobat dan kita juga harus mempertanggung jawabkannya di mata tuhan YME" nice post n keep smlee

sastra radio mengatakan...

ada award buat anda. diambil ya. thanks sobat.

all about computer mengatakan...

nice tips

Mayyadah mengatakan...

wah, nice infi, tengkyuu

Ramuni mengatakan...

wah perlu jaga kesehatan nih, kerja terlalu berat kayak kuli itu baek gak buat kesehatan jantung dan darah?

lover mengatakan...

memang info yang beginian yang mesti aku baca tiap hari. nice informasi buatku...terima kasih banyak ya seputar obat?

Bang Ancis mengatakan...

Wow baru dengar nih penyakit. Angin Duduk he..he... lucu namanya tapi koq berbahaya ya?
jadi takut nih.... mulai ubah cara hidup akh, wkwkwkwk tapi kyk gimana lgi ngerubahnya? Skrg kyknya uda jd tradisi.....

HE..he... thanks udah ngai info ini sob... secara ga langsung Sob udah ngingetin kita2..... thanks.

www.sampara.com mengatakan...

Waduh untuk masih angin duduk, kl angin lari lebih parah tuh

Dado mengatakan...

Terimakasih sobat atas informasi dan Tipnya semoga ini bermanfaant bagi saya khususnya umumnya bagi orang lain

一个一个的部落格寂寞心 mengatakan...

Nice to be in here

Ipin mengatakan...

infonya berguna sekali .. lama gak mampir ke t4 sobat..

Mas Arifin mengatakan...

Salam kenal semua..

Informasinya bagus banget..treims ya..
Berkunjung ya ke blog ku..

Anonimmengatakan...

bagus infonya
sip buat kita2 remaja

mo tanya skalian nih, untuk obat bagi yg kena angin duduk gmn ya?
ada yg bilang aspirin cocok sebagai pertolongan pertama karena akan melonggarkan pembuluh darah.
dimana pembuluh darah yg sempit adalah penyebab utama penyakit angina ini

Anonimmengatakan...

temen ku hari ini mati gara" kena angin duduk..
dia di bawa ke rs jam 7..jam 10 dah mampus...

iks

Anggamengatakan...

thx infonya.....
mulai sekarang ane perbaiki gaya hidup....
GBU bro.

Adhi Putra mengatakan...

obatnya apa yah.....?????

Anonimmengatakan...

thanks infonya, sangat berguna sekali bagi saya , Tuhan Memberkati...........

skeidee1 mengatakan...

waduh,kok tips nya "4. Perbanyak berpuasa"
sedangkan aq telat mkan pzti msuk angin...gmn niich sob?

but,Tq info nya...
klo pas masuk angin perut nya kram,trmasuk tanda masuk angin duduk gag ya?
thanx agAin..
Gbu

buriprahastyo mengatakan...

God bless you...

Obat Kuat mengatakan...

saya sering berkunjung di blog blog, postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang waspadai angin duduk.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Posting Komentar