Sabtu, 13 Juni 2009

Hati-hati...terlalu banyak obat penurun panas bisa ganggu ginjal anak!

Para orang tua jangan membiasakan diri memberikan terlalu banyak obat penurunan demam kepada anak-anak mereka jika suhu badannya naik, karena kebiasaan itu dapat mengakibatkan fungsi ginjal terganggu dan overdosis juga menimbulkan keadaaan fatal.

Jika suhu tubuh anak naik menjadi 38-39 derajat Celcius, maka orang tua bisa memberikan obat penurun demam parasetamol atau ibuprofen. Namun dosis obat jangan dinaikkan bila demam tidak juga mereda. Obat parasetamol atau ibuprofen, tersedia dalam bentuk cairan ataupun tablet kunyah. Cara termudah bagi orang tua adalah dengan memberikan sirup.

Saat suhu badan meningkat maka yang sebenarnya terjadi adalah usaha badan seseorang untuk memproduksi panas. Namun jika suhu badan mulai menurun, maka pasien mulai berkeringat yang merupakan cara badan untuk mengatasi kelebihan panas tersebut.

Gunakan kompres hangat lima hingga 10 menit setelah pemberian obat agar obat dapat terus meneruskan efeknya. Jika anak menjadi demam saat mandi, maka sebaiknya badan anak dikeringkan dahulu karena ternyata proses menggigil itu merupakan saat untuk menaikkan suhu badan serta menggerakkan otot agar menghasilkan panas. Namun bila demam tetap tinggi atau kejang lebih dari lima menit, maka segera hubungi dokter secepatnya.

0 komentar:

Poskan Komentar