Sabtu, 13 Juni 2009

Tips memilih obat sakit kepala

Anda pasti pernah kena sakit kepala, rasa sakit di bagian kepala ini bisa membuat aktifitas kita jadi terganggu atau bahkan berhenti. . .Berikut ini beberapa tips memilih obat sakit kepala. Kenali dulu jenis sakit kepala anda. . .Wah yang ini kayak iklan he he . . .Tapi itu memang benar, kita harus mengenali jenis sakit kepala kita. Secara garis besar jenis sakit kepala dibagi 3 yaitu:
1. Sakit kepala ringan
2. Sakit kepala sedang
3. Sakit kepala berat

Setelah jenis sakit kepala anda diketahui, baru sekarang memilih obat yg tepat. .Dan perlu di ingat kandungan obat sakit kepala di berbagai merek biasanya sama, jadi kita jangan terkecoh dgn promosi yg menarik. Jenis2 kandungan obat ada beberapa, diantaranya
1 .Parasetamol
Dapat meredakan nyeri atau sakit dalam jangka waktu lama. Parasetamol diyakini dapat menekan produksi prostaglandin di dalam otak dan dapat berfungsi menangani rasa nyeri atau sakit.

2 .Propifenason
Punya efek cepat meredakan rasa nyeri atau sakit. Propifenason adalah golongan obat non-steroid anti-inflamasi. Bahan aktif ini memiliki efek analgesik dengan cara menghambat sintesa prostaglandin, efek antipiretik atau dikarenakan mampu mempengaruhi pusat pengatur panas di otak. Bahan aktif ini juga dapat digunakan untuk demam dan menetralisir rasa nyeri atau sakit.

3 .Kafein
Kafein juga memiliki efek analgesik, secara sinergis ketika dikombinasikan dengan analgesik lain. Penggunaan kafein meningkatkan keampuhan analgetik dan memungkinkan pemakaian 40% dosis yang lebih rendah dengan efek meredakan nyeri.

Sekarang setelah kandungan obat di ketahui,kita bisa mencocokkan dgn jenis sakit kepala kita. Untuk kasus sakit kepala ringan sebaiknya tidak usah minum obat sakit kepala, karena makin banyak zat2 kimia yg masuk ke tubuh justru berakibat tidak baik bagi tubuh kita. Cukup dengan istirahat yg baik dan cukup, dan bila perlu oleskan saja balsem di kedua kening niscaya pusing2nya akan hilang.

Untuk kasus sakit kepala sedang sampai berat, usahakan minum obat sesuai kebutuhan dan waktu, apabila anda termasuk banyak waktu, obat Parasetamol bisa di minum, karena efek sampingnya lebih sedikit, di apotik banyak dijual obat macam ini, baik itu obat generik dgn merek Parasetamol juga ataupun obat paten dgn iklan menarik tapi kandungannya sama.

Dan apabila anda termasuk orang sibuk dgn mobilitas tinggi, obat yg mengandung gabungan parasetamol, propifenason dan kafein bisa di pakai, tapi ingat baca aturan pakainya untuk mengurangi resiko efek samping obat. Efek samping yg paling cepat terasa setelah minum obat ini adalah tukak lambung, atau rasa tidak enak pada lambung,jadi cara minum obat yg benar diperlukan. .

Cara yg tepat minum obat sakit kepala jenis gabungan ini adalah langsung sesaat setelah makan dan ingat, minum dengan air yg cukup. Kalau semuanya di taati, niscaya efek samping yg buruk bisa di hindari. Obat ini kerjanya cepat, kurang lebih 30 menitan efeknya sudah terasa. Obat ini biasanya obat paten dgn iklan2 yang menarik. . Tapi ingat juga, jangan tertarik pada iklan, usahakan selalu menyempatkan diri melihat kandungan obat, aturan pakai dan tanggal expired obat. .Biasanya antara satu obat dgn obat yg lain punya kandungan yg sama, jadi kita tinggal pakai sesuai dgn kebutuhan kita.

2 komentar:

foto cewek bugil mengatakan...

makasih artikel tips memilih obat sakit kepalanya mas
cewek bugil | foto abg bugil | artis bugil

Anonimmengatakan...

Foto Cewek Bugil
mantap gan terimaksih atas informasiinya ya

Posting Komentar