Selasa, 15 September 2009

Mudik sehat saat lebaran

Kurang seminggu lagi, lebaran akan datang. Di Indonesia, lebaran identik dengan mudik, yaitu aktivitas pulang kampung bagi orang yang tinggal jauh dari keluarga atau kampung halamannya, namun bagi mereka yang tak bisa pulang, ritual maaf-memaafkan biasanya dilakukan dengan saling berkirim kartu lebaran, bertelepon, atau berkirim SMS. Warga yang bekerja jauh dari kampung halaman telah bersiap mudik. Ada yang menempuh jalan darat, laut, juga udara. Harapannya, tentu sampai di tempat asal, kondisi badan tetap sehat sehingga kebahagiaan pada saat Lebaran bisa diraih.
Mereka yang bisa bertemu sanak sodara, biasanya memanfaatkan momen ini untuk berkumpul atau sekedar reuni dengan teman-teman lama. Berkumpul dalam suasana segar, itulah yang kita inginkan. Padahal sakit ataupun capai pasti selalu dirasakan setiap melakukan perjalanan jauh. Berikut ini beberapa tips melakukan perjalanan sehat saat mudik:

• Persiapan secara umum, seluruh anggota keluarga yang akan mudik mesti cukup istirahat, terutama bagi pemudik yang akan menggunakan jalan darat. Maklum, waktu sampai ke tujuan tidak diprediksi. Bisa saja waktu tempuh dalam hari-hari normal cuma berbilang jam, namun saat menjelang lebaran waktu tempuhnya bisa molor berlipat-lipat.

• Bagi pemudik yang kebetulan membawa kendaraan, sebaiknya ada beberapa orang yang bisa membawa kendaraan alias menyopir. Itu penting agar pemudik bisa bergantian memegang setir. Walhasil, rasa capek dan kantuk tak dimonopoli satu orang sehingga kemungkinan celaka di jalan bisa dihindari.

• Waktu perjalanan sebaiknya malam hari karena perjalanan relatif lancar. Meski begitu, perjalanan siang tidak jadi masalah jika mobil atau kendaraan mempunyai penyejuk udara yang baik. Jika tidak, persediaan air putih harus cukup. Maklum, jika saat perjalanan banyak keluar keringat, hal itu harus diimbangi dengan banyak minum putih agar tidak terjadi dehidrasi.

• Selama dalam perjalanan, jangan segan memanfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olahraga kecil dan meluruskan badan. Manfaatkan juga waktu di sini untuk buang air kecil alias kencing. Jangan sampai menahan kencing karena bisa mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kencing.

• Usahakan jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan. Sebab, kualitas makanan dan minuman tersebut belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar panas matahari.

• Sebaiknya membawa minum dan makanan kering dari rumah. Jangan membawa makanan basah yang cepat rusak mengingat waktu perjalanan sulit diprediksi.

• Sejumlah obat perlu dipersiapkan, seperti obat antidiare, obat antimuntah, obat sakit maag, dan obat sakit kepala. Obat-obatan ini sangat membantu sebagai obat pertolongan pertama.

• Khusus bagi pemudik yang membawa bayi dan anak di bawah usia lima tahun, siapkan secara teliti susu, makanan, dan obat-obatan yang mungkin diperlukan. Persiapan obat mesti diperhatikan jika ada anggota keluarga yang memiliki penyakit kronis.

• Bagi anggota keluarga yang memiliki penyakit muntah selama perjalanan (motion sickness), minumlah obat antimuntah sebelum perjalanan dimulai. Obat ini bekerja selama delapan jam.

• Khusus bagi mereka yang memiliki penyakit maag, sebaiknya mengkonsumsi obat maag yang berjenis penekan asam lambung, seperti ranitidine, famotidine, omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, pantoprazole, dan esomeprazole. Umumnya obat-obatan ini bekerja selama 12-24 jam.

• Yang terakhir, jika selama perjalanan mudik ada yang mengalami gangguan kesehatan cukup berat, seperti muntah-muntah, diare, atau sakit kepala hebat, sebaiknya membatalkan puasa. Tentu saja, jika sakit terus berlanjut, hubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat.
Mudik sehat, lebaran sehat, kita bisa bergembira berkumpul bersama keluarga menyambut hari yang penuh pengampunan. Selamat Mudik dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin. (Disadur dari berbagai sumber).

9 komentar:

Yugata mengatakan...

Persiapkan fisik.. yang mudik, hati-hati dijalan..
semoga selamat sampai tempat tujuan..
met lebaran, mohon maaf lahir dan bathin ya...

Blog GABUS mengatakan...

moga-moga mudik kali ini tambah nyaman, tak da gangguan...

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Bang Del mengatakan...

Mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI untuk Seputar Obat, Adi dan seluruh pengunjung blog ini. Mohon maaf lahir bathin...

alkatro mengatakan...

nice tips, mt pagi sobat.. mt liburan dan jg kesehatan y.. terimakasih dah berkunjung

widodo dc mengatakan...

infonya menarik dan sangat berguna.

busana muslim mengatakan...

artikel tulisan yang baik,,nice post slam kenal

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi mengatakan...

informasi yang sehat dan bagus untuk mudik ku..

obat herbal hernia mengatakan...

infonya sangat bermanfaat,trimakasih

jual obat herbal hernia

Mohamad Febrian Saputra mengatakan...

Mampir kesini↓↓ juga ya ^_^

Sanitatisofficial.blogspot.co.id

Poskan Komentar