Senin, 03 Agustus 2009

Mengenal Alergi lebih dekat..

Ada orang yang bila makan makanan tertentu, badannya langsung merah, bentol-bentol, gatal-gatal dan lain-lain, bahkan hingga sesak nafas. Terkadang bukan hanya disebabkan makanan, tetapi keluhan tersebut bisa juga dialami seseorang jika kelelahan, stres, meminum suatu obat atau cuaca yang tidak cocok. Semua gejala-gejala tersebut disebut alergi. Alergi merupakan suatu reaksi abnormal dalam tubuh yang disebabkan oleh zat-zat yang tidak berbahaya. Alergi timbul bila ada kontak terhadap zat tertentu yang biasanya, pada orang normal tidak menimbulkan reaksi.

Secara fisologis tubuh manusia memiliki beberapa sistem yang mengendalikan tubuh, salah satunya adalah sistem kekebalan. Sistem kekebalan tubuh adalah sistem yang melindungi tubuh dari bahaya zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Sistem kekebalan ini dikendalikan antibodi yang dihasilkan oleh limposit B dan limposit T dalam tubuh seseorang. Jadi semua zat yang masuk dan kontak dengan tubuh akan dideteksi oleh antibodi ini. Jika zat asing tidak membahayakan kesehatan maka akan diterima dengan baik, sedangkan jika berbahaya maka zat asing tersebut akan diikat dan dinetralisir oleh antibodi. Reaksi antibodi ini sering menimbulkan gejala-gejala alergi seperti merah, bentol, gatal, sesak nafas dan lain-lain. Zat asing yang dapat merangsang timbulnya alergi disebut alergen.

Proses alergi sendiri berlangsung dalam waktu bertahap. Pertama jika tubuh kemasukan sesuatu zat asing yang membahayakan, maka antibodi akan menempel ke sel mast tubuh dan merangsang sel mast untuk menghasilkan histamin. Selanjutnya histamin akan menyerang zat alergen hingga timbul gejala gatal, merah, bentol dan lainlain. Sebenarnya pada semua orang selalu terjadi reaksi antara antibodi dengan zat asing (alergen). Akan tetapi reaksi tersebut tidak berkembang hingga menimbulkan gejala dan keluhan. Hanya pada orang yang antibodinya sangat sensitif bisa timbul keluhan alergi.

Melihat struktur tubuh, zat alergen dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung dan kulit. Alergen melalui mulut biasanya dari makanan dan menimbulkan alergi pada saluran cerna dan akan menjalar ke seluruh tubuh. Sementara yang melalui hidung, alergen akan merangsang saluran nafas. Alergi pada saluran nafas biasanya menimbulkan gejala bersin, ingusan, batuk hingga sesak nafas. Sedangkan yang kontak melalui kulit biasanya akan menimbulakan alergi lokal pada tempat kontak.

Menentukan penyebab alergi dapat dilakukan dengan cara berikut:
• Menghindari zat yang dicurigai sebagai alergen, kemudian setelah gejala hilang, coba kembali zat tersebut. Misalnya saja, bila yang dicurigai sebagai alergen adalah makanan, maka sebaiknya berhenti memakan makanan tersebut. Setelah gejalanya hilang, coba kembali memakannya dan melihat apakah terjadi reaksi yang sama.

• Melakukan tes alergi dan melihat riwayat keluarga serta riwayat frekuensi serangan terjadi. Bila salah satu dari orang tua menderita alergi, maka kemungkinan risiko penyakit tersebut diturunkan pada anak sekitar 25%-30%. Sementara itu, bila kedua orang tua adalah penderita, maka risiko meningkat menjadi 60%-70%. Selain itu perlu dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang antara lain tes alergi pada kulit, foto rontgen, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan lebih lanjut bila dibutuhkan. Tes pada kulit merupakan pemeriksaan yang sangat sederhana untuk mendiagnosa alergi. Dengan memberikan zat-zat tertentu pada kulit seseorang, dapat diketahui zat yang merupakan alergen pada orang tersebut. Zat dalam jumlah kecil disuntikkan. Bila terjadi pembengkakan pada bagian yang diberi suntikan, maka zat tersebut adalah merupakan alergen.

Berikut ini beberapa tips menghindari alergi:
Pertama
Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah. Termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah ataupun di kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi. Usahakan jangan memelihara binatang di dalam rumah ataupun meletakkan kandang hewan peliharaan di sekitar rumah anda
Kedua
Kebersihan diri juga harus diperhatikan untuk menghindari tertumpuknya daki yang dapat pula menjadi sumber rangsangan alergi. Untuk mandi, sebaiknya menggunakan air hangat dan usahakan mandi sore sebelum pukul 5 sore. Dan sebaiknya juga jangan menggunakan cat rambut
Ketiga
Jangan menggunakan pewangi ruangan ataupun parfum, obat-obat anti nyamuk. Jika di rumah anda terdapat banyak nyamuk, gunakanlah raket anti nyamuk.
Keempat
Gunakan kasur atau bantal dari bahan busa bukan kapuk. Gunakan seprei dari bahan katun dan cucilah seminggu sekali.
Kelima
Hindari menggunakan pakaian dari bahan waool (bulu domba), gunakanlah pakaian dari bahan katun
Keenam
Pendingin udara (AC) dapat dipergunakan, tetapi sebaiknya tidak boleh terlalu dingin
Ketujuh
Awasi setiap makanan atau minuman maupun obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi alergi. Hindarilah bahan makanan, minuman dan obat-obatan tersebut. Anda harus mematuhi aturan diet alergi anda

Kedelapan
Berkonsultasilah dengan dokter yang ahli tentang alergi. Alergi yang muncul membutuhkan perwatan yang berbeda-beda pada masing-masing penderita alergi.

Penanganan alergi yang paling tepat bukanlah dengan obat-obatan melainkan dengan cara menghindari allergen. Secara teoritis, alergi memang tidak bisa dihilangkan, tetapi dapat dikurangi frekuensi dan berat serangannya. Punya alergi itu memang kenyataan hidup yang pahit, sepahit rasa pare, tapi anda masih bisa hidup dengan normal jika mengelola alergi anda dengan benar. Semoga bermanfaat.

31 komentar:

lafa mengatakan...

keren sob!!

aku kmarin kena alergi dan tubuh bentol2 muka sembab dll
tapi minum aleron, sembuh, sob!!

Ronaldo Rozalino, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi mengatakan...

Bermnfaat sekali ya ,,,thanks ya

♥ria♥ mengatakan...

wah bagus banget postingannya
ak jg suka alergi ^^

msafru mengatakan...

wah alergi.....ak juga nich alergi ma kerang padahal pengen tuh apalagi kalau lagi nongkrong ma temen2x suka pada makan kerang hijau...ya terpaksa jadi penonton aj...

richamoody mengatakan...

alergi???? hmmm alhamdulillah gak ada..

echhh tapi klo nyium bau parpum yg nyengat trus bikin pusing pala namanya alergi jga yak??? wkwkwkwkwk dudutzzz

gobang blog mengatakan...

makasih sobat artikenya mudah2 bermanfaat buat aku soalnya aku suka alergi ama cuaca panas

an mengatakan...

saya juga ga ada mudah mudahan jangan

nice artikel mudah2n bermanfaat

Blackberry Manual mengatakan...

Kunjungan pertama kesini sob, mantep isinya bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Thanks

秘密崇拜者 mengatakan...

Hi my dear friend thanks 4 the visit sorry i am late, just passing by with smile to say wish you a good day.....

hill mengatakan...

artikel nya bgs ttg info alreg...thnxs ya kawan :)

enggalicious mengatakan...

klo aku gamau dekat2 ama alergi ...
hhehheehe ,,,

Haedir GokiL mengatakan...

kunjungan perdana ni sobb,,,wuaaaa
gw juga penderita alergi nii

uda 6 tahunan lahhh


hhoo
tp ttp jalanin hidup apa adanya !!

salam kenall

phiena-venus mengatakan...

Aku juga alergi nih, dari kecil malah. Tapi ga stiap makan makanan yg bikin alergi trus alergi langsung kumat. Mungkin kalo kondisi lagi drop, stress, atau kebanyakan makannya baru deh kambuh.. :)

Jhony's Blog mengatakan...

mudahan aku gak kena alergi dech...

yor mengatakan...

aaaahhh, aku alergi debu.. rumah kotor dikit kangsung sesek nafas.. zz -.-

one drop pefume Shafie mengatakan...

dapatkn sekotak cuma RM37.00 SAHAJA PROMOSI BULAN RAMADAN....CPT2... http://sha-onedropperfume.blogspot.com/ modal cuma rm170 5 box cpt2

IMAM MEQELS mengatakan...

satu informasi yang bermanfaat buat kita semua agar bisa lebih menjaga lagi kesehatan,supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan,,salam hangat


www.wantduit.blogspot.com

tubir mengatakan...

Untung.. ane.. gak alerginann sob.... cuman alergi ma duit doank..xexexeexexexexeexee. tapi good posting... buat info adek akuu yang alerginan

goresan lia mengatakan...

pernah tuh abis maem udang trus merah2 dikulit tapi koq setelah beberapa lama nggak maem udang trus dicoba maem lagi malah nggak timbul merah2 n bentolnya, jadi bingung alergi apa bukan ya??

chonz mengatakan...

sungguh bermanfaat infonya....
:D

aan mengatakan...

emang banyak yang sering kena flu........termasuk gue



thanks infonya

Klinik Alergi mengatakan...

salam kenal,

sharing info :
sdh ada alternatif tes dan terapi alergi dengan metode biofisika yang

- nyaman , tidak sakit, tidak disuntik
- bebas efek samping, tidak pakai bahan kimia / obat apapun
- untuk semua umur
- bisa untuk mengatasi alergi apa saja

info lebih detil di www.bio-e.net

obat alergi mengatakan...

wah bagus banget nih situsnya :D
artikelnya juga bagus loh :D

busana muslim mengatakan...

Wah... tipsnya bagus banget

Pengobatan alami darah rerndah mengatakan...

Terimakasih udah boleh numpang baca, sukses terus

Anonimmengatakan...

Alleron aja Sob, begitu mulai terasa buka dikit Joss. Dijamin langsung minggat tuh alerginya Tuw

Nandamengatakan...

Benci banget tuh sama Alergi

Eddo Arsu mengatakan...

saya tidak bisa lagi lepas dengan obat ini..gmna solusi nya..?karna saya sudah terbiasa dgn obt ini.tollong bantuan nya

deviana ratnawati mengatakan...

Ama aLergi ko'suka mba.,?!

Kadek adi Darmawan mengatakan...

Ssh juga klo alergi...q dri smp alergi makanan...jd ampk sekarang mnm obat alergi trus klo dh slh mkan.

Kadek adi Darmawan mengatakan...

Ssh juga klo alergi...q dri smp alergi makanan...jd ampk sekarang mnm obat alergi trus klo dh slh mkan.

Poskan Komentar