Selasa, 11 Agustus 2009

Manfaat luar biasa jalan kaki!!

Umumnya orang menganggap aktivitas jalan kaki hanya sebagai aktivitas harian yang dilakukan di dalam maupun luar rumah. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa jalan kaki merupakan olahraga yang menyehatkan tubuh.

Bila kita ingin berolah raga, agar tubuh tetap sehat dan bugar dengan menghemat biaya, jalan kaki adalah salah satu alternatif yang baik. Setiap orang bisa melakukannya, kapan dan di mana saja, dengan risiko cedera yang kecil. Tak peduli faktor usia, jenis kelamin, atau gaya hidup. Setiap berjalan selama tiga puluh menit, kita akan mendapat manfaat yang luar biasa dari aktifitas fisik yang tampaknya biasa ini, di antaranya:

Baik untuk jantung
Berjalan kaki cepat akan memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan berjalan kaki cepat. Tidak banyak cara yang dapat meningkatkan kadar HDL selain dengan bergerak badan. Berjalan kaki cepat mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya.

Mengurangi risiko kanker usus besar dan payudara
Kanker juga dapat dicegah bila kita rajin berjalan kaki, setidaknya jenis kanker usus besar (colorectal carcinoma). Kita tahu, bergerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara. Ketika berjalan kaki, lemak pada perempuan akan berkurang dan menjadi sumber estrogen.

Mencegah osteoporosis (kekeroposan tulang)
Dengan gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Mereka yang melakukan gerak badan sejak muda, dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang.

Mengurangi rasa sakit atau nyeri
Dengan berjalan kaki secara reguler akan membuat tubuh anda merasa nyaman karena adanya gerakan yang terjadi pada tubuh, termasuk pergerakan tangan dan yang paling utama adalah kaki.

Menurunkan berat badan
Seseorang yang kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki cepat itu secara rutin. Kelebihan lemak di bawah kulit akan dibakar, bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki paling kurang satu jam.

Membuat bahagia
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres. Bahkan studi Universitas Temple menyebutkan berjalan kaki 90 menit selama lima kali dalam seminggu bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormon yang membuat orang menjadi bahagia

Membuat tidur lebih nyenyak
National Sleep Foundation menyebutkan bahwa berjalan cepat di sore hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Para ahli mengatakan bahwa berjalan kaki akan meningkatkan hormon serotonin yang membuat anda akan merasa lebih nyaman. Akan tetapi hindari berjalan kaki dua jam sebelum tidur.

Jalan kaki adalah bagian dari kegiatan sehari-hari yang menyehatkan. Saat lama menunggu bis, saat tak ada kendaraan, saat sopir terlambat menjemput, saat tidak pakai mobil sendiri, saat tidak ada tukang ojek, kenapa kita tidak coba jalan kaki saja? Kalau kita jalan kaki dengan senang hati sambil cuci mata, rasa lelah dan jenuh segera hilang, dan tahu-tahu kita sudah tiba di tujuan. Jadi sering-seringlah berjalan kaki karena jalan kaki itu sangat menyehatkan.

35 komentar:

ega.excel mengatakan...

Jalan kaki dah jadi kendaraan utamaku. Maklum belum punya kendaraan, jadi ya kemana2 jalan kaki.

Aku mau kasih tambahan, selain manfaat di atas, jalan kaki juga membuat kita jadi jarang sakit. Itu terbukti ma diriku.

Selain itu, kita juga berpartisi pasi dalam menjaga dunia karena tidak mengotori bumi tercinta kita dengan asap kendaraan bermotor. So, mengurangi dampak dari Global Warming.

Inget dampak dari Global Warming nantinya yach!!!

resistanCe mengatakan...

sama nih gw juga masih sering jalan kaki, maklum tinggal di kota kecil jadinya semuanya serba deket hehe....

msafru mengatakan...

setuju...sehat dengan jalan kaki murah ,meriah banyak manfaatnya...

diana queeny mengatakan...

i like jalan kaki..hampir tiap hari lho aku jalan kaki setiap pagi.

yor mengatakan...

kalo naik turun tangga manfaatnya apa ya? apa sama kayak jalan kaki?

ekosulistio mengatakan...

makasih infonya… sangat membantu.. tak tunggu kunjungan baliknya

♥ria♥ mengatakan...

wah ternyata berjalan bermanfaat yah
tp aku paling males jalan hehehe

blogme.web.id mengatakan...

makasih ya tipsnya

Bony Hardian mengatakan...

Mampir mau kenalkan blog baru saya....isi komentar ya di

affiliate programs....

http://blog-bonyhardian.blogspot.com

Shin-kun mengatakan...

hehehehe, lah tiap hari wajib jalan kaki je diriku, wong masih angkot mania =))... salam kenal sobat...

Free Tips mengatakan...

setuju bgt sob. terutama bagian yang bikin tidur kita jadi lebih nyenyak. apalagi kalo abis nemenin istri 'cuci mata' di mall, bisa jalan berjam2 dan itu emang olahraga juga sih. sampe rumah tidur pulas deh.
jadi buat para suami n buat yang masih pacaran: nemenin pasangan kita belanja, anggap aja kita lagi olah raga jalan kaki yang menyehatkan tubuh dan 'jiwa'. he3x.

Kumpulan Pogram mengatakan...

baguz banngtzz tuch penjelzn_x sob...

fahrizal mengatakan...

wah... saya senang sekali jalan santai... tapi kayaknya pas kemarau gini malah ga sehat untuk paru2 deh... soalnya kabut asap tebal di kalteng

NURA mengatakan...

salam sobat
setuju banget,,dengan jalan kaki selain jantung sehat juga bisa menghirup udara segar kalau di pagi hari.

Cyntia mengatakan...

wow... jadi lebih paham nih kak manfaat dari jalan kaki.. nice post ya kak :)

Bhakti mengatakan...

Luarrrrr biasah... thanks sob! besok bangun pagi terus olahraga ahhhh......!!

Wani mengatakan...

wow info yg menarik, tapi aq jalan kakinya di rumah ja sob, kedepan kebelakang gitu ja trus..;-)

BERITA ANEH mengatakan...

hidup jalan kaki.... :)

rismasakaw mengatakan...

wawawaw... emg luar biasa bgt manfaatnya! jalan kaki = ngurangi polusi, hihihi

Blog GABUS mengatakan...

Kalau jalan kakinya cuma 1 meter tapi bolak-balik? Gimana menurut anda?

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

Jalan kaki sebenere harus dilestarikan... biar menungso ndak tambah males...

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

Saya tunggu kunjungan anda...

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Pasang Iklan Gratis mengatakan...

iya juga si.....tapi males nya itu lo yang susah di cegah, klo udah males...waahhhh.....udah deh, apa lagi klo panas, malah makin males tu untuk jalan. iya deh...di coba....makasih infonya ya ^_^


Pasang Iklan Baris

@n9in mengatakan...

kalau jalan kaki pake treadmill atau genjot sepeda statis gmn?mana yg lbh cepat bakar kalori dg jalan kaki.kalau mslh cederanya gmn jg ya?sy blm tahu banyak nih.mohon dikasih arahan :)

adi mengatakan...

@ @n9in
klo menurut sy pake treadmill or genjot speda statis lebih cepat krn pake ke-2 alat tsb bisa diatur kecepatannya, namun jika alat tsb kecepatannya semakin ditingkatkan maka resiko cedera pun semakin tinggi. untuk masalah cedera mngkin sebaiknya bertnya pada instruktur fitnes krn sy krg tahu ttg hal ini. Tapi saran saya pakailah kecepatan yang biasa saja, krn resiko pasti lbh kecil..

ubaidina mengatakan...

trima ksh atas jwbannya.kalau diQatar "tabu" perempuan olahraga dluar.jd alternatifnya pake treadmill/speda statis di dlm rumah.sejak sy ikut program bayi tabung,berat badan naik drastis (45kg jd 54kg).susah skali buat turun.tp lewat renang(dilaut,tapi),bs turun 2kg/minggu.skrg BB lmyanlah,dbawah 50kg.(TB 147cm)

.::HoNeyDeWPiNKy::. mengatakan...

Jalan kaki memang banyak manfaat..sy pon ske jalan kaki...dapat kuruskan badan..(^_^)yang paling penting kesihatan past TERJAMIN..
Jalan kaki gak leh kurangkan pencemaran alam..yelah...kalo nek motokar or pe2 je...sure...asap yang dikeluarkan oleh kendaraan spt itu pastinya akan cemarkan persekitaran...
kesannya...hidup kita pasti TAK BAHAGIA sebab alam sekitar TERCEMAR.

The Zevian Dark Story mengatakan...

jalan kaki karena g punya ongkos buat naik mobil hehe.nice posting bro...

Iklan Baris mengatakan...

Setuju sekali..
Jalan kaki olahraga tanpa biaya, tapi manfaatnya sungguh sangat luar biasa untuk kesehatan kita. Harus mulai dibiasakan untuk dilakukan jika merasa sayang dengan kesehatan tubuh kita. Jangan sampai kita terjebak dengan rutinitas kita sehari-hari tanpa menyempatkan diri untuk berolahraga, sekalipun itu hanya berjalan kaki. Hidup sehat, lawan penyakit..!!
Iklan Gratis

三杯雞Sam mengatakan...

,徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

busana muslim mengatakan...

thx untuk artikelnya. bagus dan bermanfaat banget

obat herbal hernia mengatakan...

infonya sangat bermanfaat,trimakasih

jual obat herbal hernia

Mohamad Febrian Saputra mengatakan...

Mampir kesini↓↓ juga ya ^_^

Sanitatisofficial.blogspot.co.id

Susi Indrayani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Susi Indrayani mengatakan...

Stju bngt,dlu sya sakit-sakitan dn sring msuk RS, stlah kuliah, ortu sngja plih kos yg lumayan jauh 650m, sya ke kmpus tiap hri jln kaki bhkan sering 1 hari sering 2 kali bolak balik kmpus kos dgn jrak 650m skali jln. Trbukti slma 2 thun ini sya tdk prnh msuk RS lg,,dan dya thn tbuh jdi lbh kuat slain itu tbuh jdi ideal ga prlu repot2 diet. Jln kaki memang bnyak manfaatnya :)

Poskan Komentar