Rabu, 01 Juli 2009

Resep obat sakit gigi ala Leluhur

Di antara penyakit ringan hingga berat, sakit gigi adalah yang paling menjengkelkan bagi kita. Betapa tidak, Anda jadi sulit menikmati makanan yang ada di dalam mulut Anda. Sedikit saja si gigi yang sedang sakit itu tersentuh, ah rasanya bagaikan dijatuhi beban puluhan ton. Walau tergolong penyakit yang termasuk ringan, sebaiknya Anda tidak meremehkannya. Mengapa? karena di dalam gigi juga tertanam syaraf-syaraf penting yang berhubungan langsung dengan otak dan indera lainnya. Jadi segera obati gigi Anda jika ia mulai sakit.

Untuk langkah cepat dan hemat waktu, beberapa obat pereda rasa sakit mungkin menurut Anda akan banyak membantu. Padahal fakta mengatakan bahwa jenis obat tersebut akan memunculkan kekebalan tersendiri pada tubuh. Dan akhirnya malah ketika rasa sakit itu datang, Anda kecanduan untuk mengonsumsi obat kimia tersebut. Ya tentu saja itu tidak baik untuk kesehatan Anda. Kembali ke alam dan nikmati perawatan secara alami oleh beberapa bahan alami yang mudah Anda temui bahkan di dapur Anda. Hmm...apa saja sih obat-obat mujarab tersebut?

Es batu
Es batu siap membantu meringankan sakit gigi Anda. Ah yang benar? bagaimana bisa hilang jika dinginnya saja membuat Anda ngilu? Ikuti triknya di sini, ambil sepotong kecil es batu dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan? Pemijatan nyaman oleh si es batu menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es batu langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 - 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada pereda sakit kan?

Bawang putih
Potong halus si bawang putih (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.

Bawang merah
Tak hanya si bawang putih, namun bawang merah juga mampu meringankan rasa sakit gigi Anda. Selain itu, kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut.

Jeruk nipis
Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

Minyak cengkeh
Anda mungkin tahu bahwa cengkeh adalah salah satu komposisi penyusun rokok. Namun berbeda dengan cengkeh tersebut, sari minyak cengkeh sangat manjur untuk menyelamatkan gigi Anda dari serangan rasa ngilu. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh pada gigi Anda dengan bantuan kapas.

Garam
Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi garam secara langsung, bukan karena efek samping, namun rasanya tentu sangat asin bukan? Namun di balik rasa asin ini, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi. Caranya mudah, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash. Berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi.

Resep-resep jitu tersebut memang sangat sederhana, namun jangan pernah meremehkan khasiatnya ya. Dalam beberapa langkah sederhana saja, obat-obatan alami tersebut mengusir rasa sakit tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

9 komentar:

hotcursor mengatakan...

useful tips... tp aku blon sakit gigi lagi neh...

riski mengatakan...

wah mantap pak info nya buat jaga-jaga.. :D
Di tunggu kunjungan balik nya ya ..

zujoe mengatakan...

hiii... keren tuh info soal es batu soale gigiku lagi sakit juga ini hihi...

Henny Y.Caprestya mengatakan...

asikk,,ternyata request henny langsung diposting, makasih banyak atas infonya ya.
sebenernya semua alternatif di atas udah henny coba, tapi masih sakit juga. ampun banget sakitnya. ujung-ujungnya masih minum obat juga.
cataflam ampuh banget!!

Fanda mengatakan...

thanks tipsnya. Berguna nih kalo lg sakit gigi

Anonimmengatakan...

Hai q bimbybonkz! Aq dah prnah cb kmur pke air gram tp yg ap mlah nyut-nyutan n g bs tdur,trus dksh tw ma sbat q,cb pke pasta gi2 yg mint trus truh dgi2 yg lbang kmudian gi2t slma bbrp saat maka rsa nglu kn hlang! slhkan cb n bktikn

Tutorial Joomla mengatakan...

wah kebetulan, gigi saya lagi ada masalah, suka sakit coz sudah ada yg keropos. Sekarang saya jadi tahu solusinya ketika gigi ini kambuh sakit. Makasih sob.

propolis mengatakan...

thanks infonya bro..., n sekalian sharing nih...dulu pernah sakit gigi geraham bagian bawah, berlubang. pas sakit aku teteskan propolis, wadaww...langsung kerasa tambah sakit...tapi 1 menit kemudian sakitnya hilang sama sekali tuh

nah yg repotnya kalo sakit gigi nya di bagian atas...repot netesin propolisnya :)

Sherlock Holmes mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Poskan Komentar