Selasa, 21 Juli 2009

Awas FLU BABI sudah ada di Indonesia!!

Belum reda ketakutan akan Avian Influenza (Flu Burung), dunia kembali digegerkan dengan penyakit serupa yaitu Flu Babi. Sampai hari ini sudah 149 orang dilaporkan meninggal akibat flu babi di Mexico. Sedangkan lebih dari 40 penderita dilaporkan di Amerika dan Eropa. Saat ini juga flu babi menjadi salah topik yang sering di bahas di acara berita stasiun-stasiun TV Indonesia, selain topik pemilu pilpres 2009 dan Bom JW Marriot. Hal ini karena kasus flu babi sudah ada di Indonesia. Ya benar flu babi sudah menyerang Indonesia, hampir seluruh kota besar di Indonesia sudah ada penderita flu babi.

Walaupun Menteri Kesehatan RI pernah mengatakan bahwa flu babi tidak lebih berbahaya dibandingkan flu burung, namun kita tetap harus waspada dan tidak boleh menganggap enteng flu babi. Flu babi dapat sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian jika penanganan pasien yang terkena flu babi tidak dilakukan dengan cepat dan tetap.

Flu Babi atau Swine Flu/Influenza adalah penyakit saluran pernafasan pada babi, yang disebabkan virus influenza jenis A. Virus flu ini menyebabkan kesakitan yang berat pada babi tetapi angka kematiannya rendah. Virus ini (type A H1N1 virus) pertama kali di isolasi dari babi pada tahun 1930.

Seperti semua virus influenza, virus flu babi berubah secara konstan. Babi bisa terinfeksi virus avian influenza (virus flu burung) dan virus flu manusia. Jika berbagai virus ini menyerang babi, maka virus ini akan mampu membentuk spesien2 virus baru, yang merupakan gabungan virus avian, manusia dan swine. Sampai saat ini sudah berhasil diisolasi sebanyak 4 sub-type A: H1N1, H1N2, H3N2, and H3N1. H1N1 merupakan virus jenis baru yang baru saja ditemukan pada babi.

Virus flu babi tidak ditularkan melalui makanan. Memasak makanan sampai suhu 160°F akan mematikan virus ini. Virus flu babi bisa menular dari babi ke manusia atau sebaliknya. Infeksi pada manusia terjadi terutama jika berada dekat2 babi yang terinfeksi seperti berada dalam kandang babi dll. Infeksi dari manusia ke manusia lain juga bisa terjadi, mirip seperti flu biasa, yaitu melalui bersin atau batuk. Bisa juga lewat sentuhan tangan, kemudian tangan tersebut menyentuh mulut atau hidung. Virus flu babi ini memiliki masa inkubasi selama tiga sampai lima hari

Gejala flu babi
Secara umum, gejala flu babi mirip dengan penyakit flu biasa antara lain:
• Demam yang muncul tiba-tiba
Batuk
• Nyeri otot
Sakit tenggorokan
• Hidung basah (pilek parah)
• Kelelahan yang berlebihan
• Muntah-muntah
• Diare

Oleh karena gejala-gejala yang tidak spesifik untuk flu babi, yang harus dipertimbangkan dalam diagnosa flu babi bukan hanya gejala tetapi juga resiko flu babi pada orang tersebut. Harus diketahui juga apakah seseorang yang menderita gejala flu memiliki riwayat kontak dengan orang yang terkena flu babi, atau pernah berkunjung ke negara yang sudah terserang flu babi. Untuk mengetahui apakah seseorang terkena flu babi atau tidak harus dilakukan dengan tes laboratorium dari sampel yang diambil dari saluran pernapasan (hapusan dari hidung atau tenggorokan)

Pencegahan
Untuk mencegah diri kita agar tidak tertular flu babi, maka kebiasaan hidup bersih harus kita tingkatkan, antara lain:
• Mencuci tangan dengan sabun anti bakteri tiap sebelum makan
• Konsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh
• Saat batuk atau bersin, tutup hidung dan mulut menggunakan tissu
• Jangan terlalu sering menyentuh mulut, hidung dengan tangan 
• Tidak sesering mungkin bersentuhan akrab dengan orang asing
• Hindari kontak dengan orang yang sedang menderita influenza  
• Menggunakan penutup hidung dan mulut jika sedang terserang influenza 
• Jika terkena Flu sebaiknya segera menghubungi dokter 

Mari kita selalu berupaya untuk selalu membiasakan diri hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit aneh yang akhir-akhir ini selalu datang menyapa dan menyebabkan kerugian pada manusia.

30 komentar:

sastra radio mengatakan...

virus H1N1 memang sangat berbahaya. Tapi kok di daerah2 kurang sosialisasi dari dinas terkait? Artikel penting nih, sobat.

adi mengatakan...

Mungkin dinas terkait pada sibuk dgn pilprer or alasan klasik di Indonesia sosialisasi blm dilakukan krn kekurangan dana..

Seri mengatakan...

mudah-mudahan saja jangan serius. selalu pembawa adalah orang luar atau mereka yang pernah pergi kenegara yang telah dijangkiti virus selesma babi.

caBee mengatakan...

mantap brow , , , semoga flu babi ini segera dapat bisa di atasi,,,,

budayakan hidup sehat!!!

lina-happy family mengatakan...

Kita memang harus tahu lebih banyak mengenai flu babi ini. Penderita di Indonesia semakin banyak, mdh2an tidak memburuk situasinya...

Alex L. Setiawan mengatakan...

mampir nih sob... thank's dah berkunjung subuh hehehehe...

Aisyah mengatakan...

mksih infonya...
mdh2n ais n tmen2 semua jgn ada yang ketularan.. amin..

Chalief mengatakan...

wahhhh...Emank Parah deh,,,So Biasain Hidup Sehat di keseharian...
Salam Kenal...Maen2 ke Blog Butut Gw yea..Peace..
Chalief

pokehack mengatakan...

wah, ane jadi takut nh... cz flu babi dah masuk padang... ampun...

ramos mengatakan...

Gmana kalo kita kawin saja Babi dan Burung jadinya nantikan Flu BaBu...untung dah menghasilkan devisa...wakakakaka bercanda bro...

cahnDableck mengatakan...

Artikrl yang sangat bermanfaat, mari bersama-sama mencegah sebelum terlambat. Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati.

Viruscinta18 mengatakan...

salam dan tetap semangat yah....ditunggu loh komennya ....

phonank mengatakan...

waaw...

serem banget...

udah banyak bgt yg kena,, hii...

waspadalah...

SEO Tool mengatakan...

mudah2an ga jadi wabah yang menular..

BLOGGER TIPS | TRICK | TUTORIAL | SEO | PAGERANK
PTC | PTR | PTS | TE
COMPUTER | HARDWARE | IT | NETWORKING
INDONESIA TOURISM INFORMATION

Wiran mengatakan...

Selalu jaga kebersihan tubuh juga merupakan salah satu mencegahnya...

SCIENTIFIC FASTING mengatakan...

Ya nih gue aja sekarang lagi flu nih... Tenggorokkan gatel.. emang lagi musim nih musim pancaroba siih udara panas juga jadi gak jelas..

ALICE NINE -- RAINBOWS

KATALOG BUKU AGUS MUSTOFA

Medical Books mengatakan...

hello have a nice day,
very nice post

from
Medical Books Free

Herdoni Wahyono mengatakan...

Hidup terasa indah bila diri kita sehat. Ayo waspada menghadapi serangan virus Flu Babi yang telah mendunia.

lupee(surfing in virtual world) mengatakan...

Terimakasih atas informasinya, ini sangat membantu

NumB3R mengatakan...

Nice info sob.
Memang sedang marak-maraknya virus flu babi ini.
Kira-kira, kapan ya vaksin ataupun penawarnya bisa ditemukan? Hehe. . .

zams mengatakan...

klo gitu harus hati2 nih.. semoga gak sampe tempatku..ngeri deh thanks infonya mas

ritz mengatakan...

nice post dan jangan lupa sll menjaga kebersihan badan slh satunya adalah dengan cuci tangan dengan sabun,gd job

yuni.fyi mengatakan...

mudah2an virus ini alergi sama bau kentut pagi ku..amieeenn.. ^^

Senjakala Hati mengatakan...

H1N1 berbahaya. jika sosialisasi terhadap flu burung saja tidak sampai ke daerah karena pemerintah memiliki banyak alasan maka trs siapa lagi dong yang memiliki tanggung jawab seperti itu...
hehehe...
bro artikel nya boleh saya kopi kah?
nice posting!

yunelda mengatakan...

yg penting, mencegah lebih baik dari pada mengobati. makanya cepat tanggap dg kondisi kesehatan kita dan keluarga serta pola hidup yg sehat.

Rizky2009 mengatakan...

yang penting kita harus jaga kondisi kesehatan kita sob, biar g kena virus itu atw virus2 yang lain

Desaku mengatakan...

ada aaja nama penayakit makin bikin pusinggg

Mufi_ed mengatakan...

wahhhhhh.......

ngeriiiii !!!!!

DNora mengatakan...

Moga kamu sentiasa jauh dr H1N1..

busana muslim mengatakan...

Wah... tipsnya bagus banget

Poskan Komentar