Kamis, 16 Juli 2009

Tertawa itu SEHAT!!!

Istilah tertawa itu sehat sering kita denger, bahkan sejak dari kita kecil sudah sering mendengar istilah tersebut. Tertawa sangatlah mudah, bayi saja sudah belajar tertawa sejak usia empat bulan. Tertawa bisa dilakukan oleh siapa saja, tua, muda, kaya, miskin, laki-laki, maupun perempuan. Tertawa itu memberi kekuatan. Bahkan, kini ilmu pengetahuan sekalipun mengatakan kalau tawa salah satu obat paling mujarab yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia.

Coba bayangkan seandainya tidak ada tawa canda dalam keseharian kita, tidak ada humor yang memancing tawa atau minimal bikin kita tersenyum simpul dibuatnya, pasti keadaan akan semakin kacau. Apa saja manfaat di balik tertawa ??? Berikut ini beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan:

Tertawa membuat tubuh lebih tenang
Tertawa terbahak-bahak 5-10 menit bisa merangsang pengeluaran endorphine dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga metanonin. Kedua zat ini merupakan zat yang baik buat otak. Kalau tubuh dirangsang untuk mengeluarkan zat-zat ini kita akan merasa lebih tenang

Tertawa bisa mencegah stress
Tertawa diyakini oleh siapapun juga bisa menghilangkan rasa cemas, bingung, sedih dan gelisah bahkan stress dan depresi. Maka tidak heran jika dalam rumah sakit tertentu menerapkan program humor sebagai alternatif penyembuhan.

Tertawa = olahraga tubuh
Tertawa bisa menggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan, sehingga membuat tubuh seakan-akan sedang joging di tempat. Sesudah tertawa tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti kalau habis berolahraga. Tertawa melatih diafragma torak, jantung, paru-paru, perut, juga membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernapasan. Tertawa juga sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dan depresi.

Tertawa dapat menurunkan tekanan darah
Orang yang sering tertawa mempunyai tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan orang orang biasa. Ketika kita tertawa, tekanan darah akan meningkat, tapi kemudian akan kembali dibawah level normal. Tertawa akan membuat kita bernapas dalam-dalam, menyalurkan oksigen yang dibutuhkan untuk memperkaya sel darah merah kita ke seluruh tubuh.

Tertawa bisa membebaskan pernapasan
Mereka yang menebar tawa akan selalu bebas dalam bernafas. Sebab tertawa berarti mempercepat keluarnya udara jenuh dari tubuh sehingga berganti dengan udara segar yang dihirup. Sirkulasi udara itulah yang akan memperkaya oksigen dalam darah serta membantu membersihkan bagian respirasi atau organ pernafasan dalam tubuh.

Tertawa meningkatkan fungsi kerja otak dan menghilangkan stres
Tertawa menstimulasi otak kiri dan otak kanan meningkatkan daya belajar. Tertawa melembutkan tegangan otot, menghilangkan stres sehingga otak dapat memperoleh informasi lebih.

Tertawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Menghindari infeksi bisa juga dilakukan dengan tertawa, sebab selama tertawa antibodi tubuh dan sel darah putih bekerja lebih aktif dalam menghadang infeksi yang mungkin datang menyerang.

Hidup penuh dengan senyum dan tawa akan membuat kita lebih tenang, terasa lebih segar serta bermanfaat dalam menekan stres yang kita hadapi. Tawa yang tampaknya sepele dan berlangsung hanya sesaat ternyata punya pengaruh yang dapat bertahan cukup lama. Senyum dan tawa merupakan anugerah yang tidak ternilai dari sang Pencipta. Bagi anda yang jarang tertawa, dari sekarang sering-seringlah tertawa tapi harus pada tempat dan saat yang tepat, jangan setiap saat tertawa nanti disangka orang gila, he2… Jadi, tertawalah selagi anda masih bisa melakukannya dan gratis...

27 komentar:

Putera04 mengatakan...

Wah infonya sangat bermanfaat mas...

Saung Web mengatakan...

wuakakak.. q tambahin deh.. tertawa.. bisa datangkan uang... bisa juga datangkan malapetaka...

adi mengatakan...

test komentar...

sanur mengatakan...

bener makanya diadain pelatiha tertawa saking banyaknya orang orang yang dah gak bisa tertawa sekarang ini...........

abimanyoe17 mengatakan...

ketawa asal ngakaknya jangan kelamaan yah heheh :))

Gila Naruto mengatakan...

benar itu...
tertawa itu sehat...
asal jangan keseringan tertawa
apalagi sendirian
Rumah sakit jiwa konsekuensinya

^^

Newsgila mengatakan...

makanya ada pepatah
tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
Loh mang napa dilarang...

ya iyalah...ketawa terus bisa2 dilempar golok ama tetangga sebelah
hehehe...

nais inpo kawan...^^

Bang Del mengatakan...

Tertawa butuh sesuatu ayng ditertawakan... Betul gasih. Mesti ada onjek yang jadi bahan :)

Risefa mengatakan...

aku setuju sama artikel di atas dan aku juga punya artikel tentang dampak positifnya tertawa disini

volver mengatakan...

jadi intinya : ketawa itu sehat ,haha

kang-dwi mengatakan...

setuju.....
aku kemarin ga ketawa, sarian mpe 4 hari
wkkkkkk
kaga nyambung ya...
ada ketawa yg paling ga enak:
KETAWA-nya ORANG YANG LAGI SAKIT GIGI

sastra radio mengatakan...

tertawa bisa mendamaikan dunia

ricosaha mengatakan...

tertawa bisa menyebabkan kematian ga?
saking ngakak nya,ampe saluran pernapasan tersumbat...
aku dah pernah ngalamin...
semapt kehialngan nafas beberapa detik..

SariRapet mengatakan...

dan tertawa itu supplemen yg paling murah loh, seks yang sehatpun demikian, temukan lebih banyak di sariRapet *tetep bo' ngiklan* haha

Grace Receiver mengatakan...

Mari tertawa supaya sehat! Tapi jangan tertawa tanpa alasan ya? Haha...

Kentut mengatakan...

Cuman sayang bos... kalau gadis cuantik tertawa.. maka isi kantongku menangis...

WISH TO BE HERO mengatakan...

Sudah terbukti pada mbah surip nih, ketawanya khas, lagunya unik dan sekarang jadi tenar dengan penghasilan milyaran

Jadi satu lagi manfaat ketawa
ketawa bisa bikin kaya (versi mbah surip)

hahahahahahaha
i love you full
uyeeeee

sahabat mengatakan...

hati-hati aja kalo sering tertawa sendiri....
bahaya.....ha..ha..ha

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

Semua tips diatas memang benar...Tapi gmn ya klo kebanyakan tertawa?

ArVandy mengatakan...

lebih baik mana oom, tertawa atau tersenyum ??

al-basri mengatakan...

pagi-pagi aku udah senyum membaca disini,
info yang segar sob.

terima kasih, salam cinta damai

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

tapi kalo tertawa terus bisa bikin bibir tambah lebar, terus lebih menghabiskan energi. Tertawa bisa bikin laper kand? makanya kalo lagi puasa jgn kebanyakan tertawa ntar lemes..hehe...
eh,ya kang...dukung saya donk di Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

sampeyan bisa pasang link ini gk:
http://www.ardi33.web.id/2009/08/kenali-dan-kunjungi-obyek-wisata-di.html di bagian link ato footer kang...
bisa nggak???kalau bisa pakai anchor text Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang yaaa....pliss ya kaaang...

imam77 mengatakan...

Wah, Brarti Gw sehat y!!!

penjorangan mengatakan...

tawa yang menarik...

Dedot mengatakan...

asal jgn ketawa sendirian,bisa gawat nanti,kekekeeke

Lely *1412* mengatakan...

great..!! aku juga punya artikel ttg tertawa... tapi dai facebook... http://www.facebook.com/note.php?note_id=106683133967

busana muslim mengatakan...

Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)

Poskan Komentar